Memeriksa Ponsel Mengurangi Kebahagiaan

t1larg.smartphones.gi

Anda bisa saja menyalahkan anjing menggonggong tanpa henti sehingga membuat mood Anda berubah, namun percayalah bahwa ponsel Anda adalah pelaku terbesar yang memakan waktu luang dan memengaruhi mood.

Gadget terbukti tidak hanya pengambil perhatian terbesar pengguna, tetapi mereka juga tampaknya memengaruhi kebahagiaan pengguna. Hal ini diungkapkan penelitian yang dilakukan oleh University College London. Memeriksa ponsel sambil minum-minum dengan teman-teman atau mengambil panggilan saat makan malam, bukan hanya menjengkelkan bagi orang di sekitar, tetapi juga bisa membuat Anda tidak bahagia.

Studi menemukan bahwa pengguna menghabiskan lebih dari seperempat waktu luang terganggu dan ponsel yang adalah penganggu terburuk.

Para peneliti dari University College London tidak yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi mengatakan bahwa ada kemungkinan pengguna merasa marah bahwa tidak dapat mengendalikan dorongan memeriksa ponsel karena memiliki kontrol atas ponsel. Sebaliknya, pengguna menyadari bahwa mereka tidak memiliki kontrol atas gangguan eksternal seperti jalan sehingga hal tersebut kurang berpengaruh.

Lebih dari 450 pria dan wanita dari enam kota di Inggris ditanya ketika mereka makan makanan di restoran, minum di bar, berjalan di taman, menaiki bus dan kereta api, berbelanja dan melakukan kegiatan sehari-hari lainnya. Beberapa dari kegiatan tersebut dilakukan sendirian, lainnya dengan keluarga, teman atau kolega.

Pertanyaan termasuk berapa lama mereka telah berada di tempat tertentu dan berapa kali mereka telah terganggu oleh telepon seluler mereka, musik latar, iklan, suara lalu lintas, pembangunan gedung atau anjing menggonggong selama periode tersebut.

Jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan dalam satu lokasi setengah jam dan perhatian mereka teralihkan sebanyak 28 persen dari waktu tersebut. Ponsel menyumbang bagian terbesar dan biasanya mengambil 17 persen dari waktu seseorang. Namun, 15 persen dari mereka yang mengambil bagian dalam studi ini menghabiskan setidaknya setengah waktu mereka di ponsel, meskipun terlibat dalam kegiatan lain seperti makan keluarga atau minum dengan teman-teman.

Pertanyaan lebih lanjut menemukan bahwa kebahagiaan turun ketika orang terganggu oleh ponsel. Kegiatan lainnya, termasuk pekerjaan bangunan dan anjing menggonggong tidak terkait dengan suasana hati. In artinya, memeriksa ponsel jelas mengurangi rasa bahagia seseorang.

Sumber: Daily Mail

Sumber Foto: CNN