Polisi Inggris Pakai Drone untuk Cari Orang Hilang

1363991111965

Drone kini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya oleh polisi untuk mencari orang yang hilang. Kepolisian di Devon, Cornwall dan Dorset di Inggris mengungkapkan bahwa mereka sedang menguji penggunaan drone untuk digunakan dalam sejumlah tugas kepolisian, termasuk pencarian orang hilang dan fotografi dari TKP.

Polisi di Devon dan Cornwall akan dapat menggunakan layanan dari dua drone yang dilengkapi dengan kamera definisi tinggi yang dapat menangkap video dan gambar diam. Satu berbasis di Exeter dan yang lainnya di Plymouth.

Kedua drone memiliki downlink HD yang berarti petugas di lapangan bisa melihat cuplikan live yang ditangkap oleh pesawat tak berawak di udara. Setiap drone bisa terbang hingga 18 menit dalam sekali terbang sebelum kembali ke operator untuk mengganti baterai.

Polisi di Dorset Inggris juga melakukan persiapan akhir untuk penggunaan drone dan akan menguji coba di daerah mereka mulai dari tanggal 26 November.

Menurut Inspektur Andy Hamilton, drone menawarkan banyak manfaat untuk melengkapi National Police Air Service (NPAS) Helicopter. Teknologi ini menawarkan pendekatan biaya yang sangat efektif untuk mencari orang hilang, fotografi kejahatan, dan tanggapan terhadap tabrakan lalu lintas di jalan utama.

Ia menambahkan bahwa dengan menggunakan drone untuk menangkap rekaman di medan sulit untuk dijangkau seperti seperti tebing, atau hutan untuk menemukan orang hilang, memerangi kejahatan satwa liar atau bahkan insiden senjata api, akan memungkinkan petugas untuk memperoleh informasi penting, cepat, aman, dan memungkinkan untuk merespons secara efektif di tempat kejadian.

Sumber: The Telegraph