Robot Jadi Pemandu Penumpang di Bandara

gopego_spencer2_640x360

Penumpang di bandara Schiphol Amsterdam akan disambut oleh Spencer, robot yang akan membantu penumpang bernavigasi di sekitar terminal internasional yang sibuk tersebut mulai hari ini.

Pemandu robot ini diprakarsai oleh maskapai penerbangan Belanda KLM untuk mengurangi jumlah penerbangan yang berangkat tidak sesuai waktu karena penumpang tersesat. Robot bernama Spencer tersebut dibangun oleh universitas dan peneliti perusahaan dari lima negara Eropa yang berbeda, termasuk Jerman, Perancis, Swedia, Swiss dan Belanda.

Robot tersebut lebih tinggi dari manusia dan memiliki wajah yang ada di atas tubuh persegi panjang dengan layar interaktif, diajarkan untuk menavigasi sekitarnya oleh para peneliti di Örebro University di Swedia.

Tubuh robot Spencer dilengkapi dengan dua layar dan dua sensor depan serta belakang, dua laser scanner 2D, sepasang kamera stereo (yang terlihat seperti mata) dan lima komputer on board. Spencer dilengkapi dengan peta yang menunjukkan hambatan tetap termasuk dinding atau karosel bagasi, ia juga dapat mensurvei sekitarnya dengan mengukur jarak ke obyek sementara di sekitarnya menggunakan sinar laser yang direfleksikan.

Spencer tidak hanya map yang berjalan-berbicara. Spencer akan menjadi sadar sosial yang berarti dapat merasakan dan belajar perilaku manusia dan merespons dengan tepat.

Dengan demikian, Spencer akan dapat memandu manusia melalui lingkungan pejalan kaki yang serba cepat, dinamis dan penuh sesak, seperti bandara atau pusat perbelanjaan, sambil berperilaku normal di mana ia tidak akan berada di antara pasangan atau keluarga.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Gopego