Terungkap, Cyber Strategy ISIS

isis2_1439986009043_113148_ver1.0_640_360

Para peneliti telah menemukan bahwa ISIS telah membuat buku manual panduan keamanan setebal 34 halaman yang menunjukkan seberapa tech savvy kelompok teroris tersebut.

Buku panduan manual tersebut memberikan pedoman digital dalam menggunakan segala sesuatu, mulai dari media sosial, browser internet dienkripsi seperti Tor dan menjaga email pribadi. Salah satu peneliti mengatakan bahwa buku panduan tersebut merupakan salah satu petunjuk keamanan amatir terbaik.

Pedoman perilaku cyber yang ditemukan oleh para peneliti dari forum chatting ISIS. Pedoman tersebut menggambarkan bagaimana kelompok ISIS mengadopsi media sosial dan aplikasi mobile yang dikenal semua semua orang untuk berkomunikasi.

Media sosial

ISIS sangat menyukai Twitter daripada media sosial lainnya. Terdapat 12 poin panduan  penggunaan Twitter termasuk rekomendasi untuk mengaktifkan opsi verifikasi login ganda, mengamankan password Twitter, dan memastikan GPS tagging tidak aktif ketika mengambil atau posting foto. Panduan tersebut juga beris berisi link ke sebuah blog tentang cara untuk menjaga pesan DM di Twitter aman. ISIS memperingatkan untuk menghindari penggunaan Instagram karena dimiliki oleh Facebook yang memiliki reputasi buruk dalam perlindungan privasi.

Enkripsi ponsel

Untuk keamanan ponsel, manual ISIS merekomendasikan ponsel yang dienkripsi seperti Blackphone dan CryptoPhone karena ponsel tersebut memuat aplikasi untuk menjaga keamanan komunikasi seperti Silent Circle. Perangkat lunak ini dibuat oleh sebuah perusahaan Swiss berusia 3 tahun yang memungkinkan panggilan dan pesan sepenuhnya dienkripsi melalui ponsel yang menjalankan iOS, Android dan sistem operasi milik mereka mereka sendiri.

Cara berkomunikasi jika internet terputus

ISIS merekomendasikan aplikasi Firechat untuk iOS dan Android, yang bekerja bahkan tanpa koneksi internet. Aplikasi ini secara otomatis menghubungkan kelompok hingga 80 orang, menciptakan jaringan sendiri untuk komunikasi pribadi. Buku panduan tersebut merekomendasikan untuk berbagi foto dan percakapan dalam jarak sekitar 200 meter.

Browser aman

Panduan tersebut juga berisi beberapa link untuk mendownload browser terenkripsi TOR yang dikatakan menyembunyikan identitas dan melindungi dari pelacakan. Browser TOR telah digunakan untuk beberapa operasi web ilegal di masa lalu, termasuk obat pasar Silk Road 2.0. Browser lain yang disarankan untuk mobile browsing termasuk Onion browser Bawang dan Opera mini.

Email aman

Email adalah salah satu cara yang paling penting komunikasi pribadi”. Panduang tersebut menunjuk ke ProtonMail, layanan email baru yang aman baru dengan server di Swiss yang diawasi oleh para ilmuwan fisika di Harvard University dan MIT.

Pesan singkat

Panduan ISIS merekomendasikan penggunaan instant messenger Wickr, di mana pesan akan segera hancur seperti snapchat.  Panduang ISIS juga menyebut IMessage Apple yang memiliki  end to end enkripsi dan aplikasi chat Telegram.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: lakana.com