Alasan Pengguna Mengganti Nama di Facebook

Girl using Facebook

Kebijakan nama asli Facebook telah memunculkan kontroversi yang membuat banyak pengguna akhirnya tidak mau berinteraksi di Facebook. Kebijakan nama asli ini bisa membuat kelompok tertentu secara mudah diidentifikasi sehingga bisa menjadi bulan-bulanan pengguna lainnya. Meskipun Facebook bersikeras bahwa kebijakan nama asli tersebut untuk melindungi pengguna, namun pada berbagai kasus malah menyulitkan pengguna dan berpotensi menimbulkan risiko privasi yang lebih besar.

Sampai saat ini situs Facebook tidak memungkinkan orang untuk mengubah nama mereka dan menegaskan pengguna tidak boleh menggunakan nama palsu kecuali di kondisi yang paling tidak biasa. Ini artinya pengguna akan sangat sulit mengganti nama mereka di Facebook dan harus tetap menggunakan nama asli mereka.

Menurut Facebook pengguna perlu merasa aman dan yakin dengan siapa mereka berkomunikasi. Ketika orang menggunakan nama asli mereka, tindakan dan kata-kata mereka akan lebih berat karena mereka lebih bertanggung jawab atas apa yang mereka katakan.

Namun, setelah mendengar masukan dari pengguna Facebook menyadari bahwa juga penting kebijakan ini bekerja untuk semua orang, terutama bagi masyarakat yang terpinggirkan atau menghadapi diskriminasi. Untuk itulah Facebook memulai uji coba aturan baru untuk pengguna Amerika.

Pertanyaan yang muncul tentu saja adalah mengapa orang ingin mengganti nama asli mereka di Facebook?

Bila kita lihat beberapa akun yang mengganti nama mereka, setidaknya ada tiga alasan. Pertama adalah alasan privasi terkait dengan profesi. Misalnya seorang guru yang menggunakan nama palsu agar tidak ditemukan muridnya di Facebook. Hal ini karena ia khawatir apa yang ia katakan di Facebook dilihat oleh muridnya atau rekan guru lainnya.

Kedua alasan keamanan di dunia nyata. Misalnya seorang yang berprofesi sebagai polisi lebih senang menggunakan nama palsu karena takut menjadi target orang lain di dunia nyata. Interaksi di Facebook tentu saja bisa berdampak ke dunia nyata sehingga bisa mengancam penggunanya.

Ketiga adalah kesesuaian nama dengan selebriti. Banyak orang yang namanya sama dengan nama selebriti sehingga ketika di Facebook ia khawatir dituduh berpura-pura sebagai selebriti padahal nama itu adalah nama aslinya. Dengan menggunakan nama palsu ia akan lebih aman dari tuduhan orang lain.

Sumber: Dikembangkan dari BBC