Faktor yang Membuat Meme Populer

a-john-oshea-meme

Internet kini dipenuhi oleh meme yang sebagian merupakan meme lucu. Foto apa saja dan siapa saja kini banyak dijadikan meme lucu dan untuk diketahui sebagian meme tersebut sangat populer sementara meme yang lain tidak memperoleh perhatian. Oleh karenanya muncul pertanyaan apa yang membuat satu meme lebih populer daripada yang lain?

Untuk mengetahuinya, peneliti merancang perangkat lunak untuk memprediksi gambar lucu mana yang lebih mungkin untuk menjadi sukses dan mengapa. Menurut hasil mereka, meme pendek mendapatkan ketenaran internet lebih banyak dan orang-orang dengan kata-kata umpatan adalah yang paling tidak mungkin untuk dibagikan.

Dalam studi mereka, para peneliti, yaitu Keith Shubeck dan Stephanie Huette dari Universitas Memphis berkolaborasi untuk memahami ilmu di balik meme. Menurut mereka pemahaman kita tentang propagasi meme berjalan paralel dengan pemahaman kita tentang budaya manusia. Semakin kita mengerti tentang meme dan mutasi mereka, asal mereka, dan seberapa cepat ini diterima oleh individu lain, semakin kita memahami tren budaya yang mungkin sebelumnya telah dianggap anomali yang membingungkan.

Istilah ‘meme’ diciptakan oleh Richard Dawkins pada tahun 1979, yang digunakan untuk menggambarkan unit untuk membawa ide-ide budaya atau perilaku, mirip dengan bagaimana gen membawa informasi genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya. Meme diciptakan jauh sebelum internet dan benar-benar populer selama Perang Dunia II sebagai grafiti di dinding.

Para peneliti memilih 268 meme dari knowyourmeme.com dan memberi mereka melalui alat analisis linguistik untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejumlah fitur linguistik.

Dari hasil penelitian ditemukan meme pendek 2,8 kali lebih mungkin untuk menjadi sukses, sedangkan meme template 2,2 kali lebih mungkin untuk sukses. Hal yang mengejutkan para peneliti adalah meme yang memiliki kata-kata umpatan memiliki kemungkina 1,77 kali lebih mungkin untuk sukses.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan jika ingin meme sukses buatlah meme yang pendek, buat meme dari template yang sudah ada dan mungkin juga perlu sedikit kata-kata kasar meskipun orang enggan untuk membaginya.

Sumber: Daily Mail

Sumber Foto: balls.ie