Internet Gratis Facebook Terganjal di India

rsz_internetorg

Masih ingat upaya internet gratis Facebook melalui internet.org yang memperoleh banyak tantangan dari berbagai pihak? Upaya Facebook menyediakan akses gratis untuk sebagian layanan di internet, terutama Facebook tersebut kini telah berganti nama dengan Free Basic meskipun isi sebenarnya tetap sama. Dengan Free Basic, Facebook menggratiskan akses internet ke berbagai layanan yang mereka setujui. Namun hal ini dipandang bertentangan dengan konsep Net Neutrality.

Untuk net neutrality ini India termasuk sangat kuat dalam mengimplementasikannya sehingga usaha Facebook untuk memberikan akses gratis melalu Free Basic untuk sementara dilarang dilakukan di India.

Beberapa hari yang lalu Telecom Regulatory Authority India meminta Reliance Communication untuk menghentikan skema Free Basic yang mereka berikan berkat kerja sama dengan Facebook. Telecom Regulatory Authority India menyarankan penyedia data tidak mendukung beberapa layanan online dibandingkan dengan layanan lainnya dengan menawarkan akses yang lebih murah atau lebih cepat.

Seorang juru bicara Reliance Communications menegaskan akan mematuhi permintaan Telecom Regulatory Authority India (TRAI) tersebut. Juru bicara Reliance Communications menambahkan bahwa seperti yang diarahkan oleh  Telecom Regulatory Authority India peluncuran komersial Free Basic telah ditunda sampai mereka mempertimbangkan semua rincian dan menyampaikan persetujuan secara khusus.

Times of India mengutip sumber yang dikonfirmasi melaporkan bahwa keputusan tersebut  terkait dengan kontroversi Net Neutrality. Ini artinya jika skema Free Basic tersebut diteruskan, akan ada diskriminasi dalam hal akses internet, di mana sebagian layanan bisa diakses (yang disetujui Facebook) dan sebagian lagi (yang lebih banyak) tidak bisa diakses.

Untuk diketahui, Facebook meluncurkan Internet.org (sekarang Free Basic) sebagai kemitraan dengan beberapa operator seluler di negara berkembang pada tahun 2013 sebagai sarana untuk memperkenalkan manfaat internet. Reliance mulai menawarkan skema Free Basic ini pada bulan Februari dan kemudian diperluas ke semua pelanggan pada bulan November, tetapi kemudian menghadapi kritik.

Start-up lokal India mengeluh mereka berisiko menjadi kurang beruntung karena mereka tidak termasuk dalam skema Free Basic dan pada bulan April yang lalu beberapa kelompok yang lebih besar yang awalnya mendaftar untuk skema tersebut, termasuk konglomerat media Times Group dan situs pemesanan travel Cleartrip menarik layanan mereka karena kekhawatiran tentang kegagalan memberikan keadilan dalam persaingan.

Berdasarkan kekhawatiran tersebut di mana konsep penting net neutrality akan dilanggar jika skema Free Basic terus berjalan, maka Telecom Regulatory Authority India (TRAI) meminta Reliance Communication menghentikan skema Free Basic tersebut.

Sumber: BBC dan Quartz