iPad Membuat Anak-anak Kesulitan Memegang Pensil

482023084_d1

Anak-anak usia dua atau tiga tahun kini banyak yang keranjingan bermain-main dengan iPad atau perangkat layar sentuh lainnya. Hampir sepanjang hari anak-anak tersebut bermain dengan iPad sehingga hal tersebut membuat mereka lemah, bahkan beberapa di antara mereka tidak bisa memegang pensil. Hal ini dikemukakan oleh seorang kepala sekolah terkemukan di Inggris, Bob Drew yang merupakan pimpinan di Gearies Infant School, Redbridge Inggris.

Bob Drew mengatakan anak usia empat masuk sekolah dasar dengan kekuatan tubuh yang lemah bagian atasnya karena kurangnya aktivitas fisik. Oleh karena itu, staf di Gearies Infant School di Redbridge, London Timur, mengadakan booting kamp untuk anak-anak untuk membantu anak-anak membangun otot lengan mereka.

Bob Drew mengatakan masalah tersebut telah menjadi nyata dalam dua tahun terakhir dan terlalu banyak orangtua yang memberikan anak-anak mereka perangkat elektronik untuk bermain, bukannya membiarkan mereka berjalan atau bermain di sekitar rumah mereka.

Banyak keluarga berpikir bahwa mereka membantu anak-anak mereka dengan mengajak menggunakan aplikasi pendidikan. Padahal mungkin tanpa sadar hal ini membuat pengerdilan perkembangan fisik anak-anak.

Bob Drew mengatakan banyak anak-anak tidak bisa memegang pensil. Mereka memegang pensil begitu lemah sehingga tulisan tangan mereka mengerikan. Menurutnya hal tersebut ada hubungannya dengan memiliki terlalu banyak akses ke teknologi digital.

Ini tentu saja gejala yang tidak baik. Bermain dengan iPad atau perangkat layar sentuh lainnya tidaklah dilarang. Namun, banyak orang tua membiarkan anak mereka bermain begitu lama dengan perangkat sehingga mereka hanya tahu menekan layar sentuh dan tidak bisa memegang pensil.

Oleh karena itu, orang tua ada baiknya membatasi anak berinteraksi dengan iPad atau peragkat layar sentuh lainnya. Jangan biarkan anak terlalu lama dengan perangkat. Ajaklah ia bermain atau berjalan sehingga bisa menguatkan fisiknya.

Sumber: DailyMail