Kecerdasan Buatan Wikipedia Otomatis Mendeteksi Trolls dan Spammer

pceynisuuwwppjg3w5xo

Wikipedia kini memiliki layanan kecerdasan buatan baru yang bisa membuat website tersebut lebih ramah terhadap kontributor pemula. Artificial intelligence baru tersebut disebut Objective Revision Evaluation Service (ORES) akan menjelajahi revisi baru yang baru saja di-submit untuk menemukan setiap penambahan yang terlihat berpotensi spam atau trolls.

Penciptanya, Wikimedia Foundation, mengatakan fungsi kecerdasan buatan yang baru tersebut seperti sepasang sinar X karena akan menyoroti apa yang tampaknya mencurigakan kemudian menampilkan artikel tertentu kepada editor manusia untuk dilihat lebih dekat. Jika staf Wiki memutuskan untuk menarik revisi yang telah dilakukan, kontributor akan mendapatkan pemberitahuan. Hal ini jauh lebih baik daripada praktik saat ini di mana situs Wikipedia menghapus revisi tanpa penjelasan apapun.

Tim telah melatih ORES untuk membedakan antara kesalahan manusia yang tidak disengaja dan apa yang disebut suntingan merusak dengan menggunakan contoh kualitas penilaian artikel tim Wiki. Sekarang, tim dapat menggunakan AI untuk membuat skor atas suntingan berdasarkan apakah itu merusak atau tidak.

Sebagaimana dikatakan Wikimedia kecerdasan buatan tersebut bukan AI pertama yang dirancang untuk membantu editor manusia memonitor konten situs. Namun, alat yang lebih tua tidak dapat membedakan antara suntingan berbahaya dan kesalahan manusia yang tidak disengaja sehingga membuat ORES pilihan yang lebih baik jika Wikipedia tidak ingin kehilangan kontributor.

Sumber: Engadget

Sumber Foto: Gizmodo