Koneksi Universitas Terputus karena Serangan Cyber

022213_dcl_hacker_640

Universitas di seluruh Inggris kehilangan koneksi internet mereka menyusul serangan cyber berkelanjutan pada jaringan komputer akademik yang didanai publik. Jaringan Janet yang banyak digunakan oleh lembaga di Inggris, mengalami serangan Distributed Denial of Service (DDoS) menyebabkan beberapa universitas kehilangan koneksi mereka.

Layanan IT di Universitas Manchester mengatakan bahwa jaringan Janet mengalami masalah yang memengaruhi sejumlah lembaga pendidikan termasuk Universitas Manchester. Jaringan Janet bertanggung jawab atas nama domain .ac.uk dan .gov.uk serta digunakan oleh ribuan universitas dan perguruan tinggi, termasuk Universitas Cambridge dan Universitas Oxford.

Serangan pertama tampaknya terjadi pada hari Senin yang lalu. Serangan tersebut berhasil diblokir pegawai Janet untuk menstabilkan jaringan. Para penyerang kemudian menyesuaikan sudut pandang menyerang mereka, yaitu menjatuhkan sebagian dari jaringan tersebut.

Menurut Chris Boyd dari Malwarebytes, universitas lebih sering menjadi target phishing dan domain yang dikompromikan. Serangan seperti ini berfokus pada infrastruktur penting yang digunakan oleh instansi belajar mungkin sesuatu tidak siap untuk dialami oleh banyak universitas.

Richard Brown, Director EMEA Channels & Alliances at Arbor Network mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan yang terbaru dalam daftar panjang serangan DDoS. Ia menggarisbawahi bahwa setiap organisasi yang sangat bergantung dengan layanan internet perlu memastikan bahwa ketersediaan layanan tersebut dilindungi secara memadai.

Sumber: The Telegraph