Mengapa Menyalin CD di Inggris Masih Ilegal

17r6ltlrpq27yjpg

Upaya pemerintah Inggris untuk memperbarui hukum agar mencerminkan bagaimana orang menggunakan CD (compact disk), atau mem-back up file musik online untuk menjaga mereka tetap aman tampaknya belum berhasil. Keputusan Pengadilan Tinggi Inggris pada awal tahun ini tampaknya berlawanan dengan upaya pemerintah tersebut. Pengadilan tinggi Inggris tetap menganggap menyalin CD seperti CD musik sebagai kegiatan ilegal.

Ini berarti bahwa dalam teori, pemegang hak cipta harus memperoleh kompensasi setiap kali CD disalin  atau dan orang-orang yang melakukannya harus bertanggung jawab, meskipun kasus tersebut sangat jarang terjadi.

Munculnya CD, kepemilikan komputer yang luas dan kemudian format mp3 menyebabkan ledakan dalam kepemilikan musik digital. Jutaan orang menggunakan iTunes dan program musik lainnya untuk mentransfer lagu dalam perpustakaan CD mereka ke komputer dan iPod mereka.

Namun, aturan hak cipta, seperti banyak aspek legislasi lainnya, gagal untuk bersaing dengan era digital. Hukum melarang membuat salinan materi karena hal dianggap melanggar hak cipta layaknya menjual kaset duplikasi/bajakan. Label musik menolak memberikan lampu hijau untuk file digital karena menciptakan peluang untuk pembajakan dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Meskipun penurunan penjualan CD dan kebangkitan download dan streaming musik, pada tahun 2014 pemerintah Inggris akhirnya mengumumkan adanya perubahan hukum hak cipta untuk memungkinkan menyalin CD, bersama dengan hal-hal lain seperti menciptakan lagu parodi.

Peraturan telah disetujui dan mulai berlaku pada bulan Oktober 2014. Namun, aturan tersebut segera menerima tantangan dari industri musik yang mengatakan hukum tersebut bisa sangat merusak pemegang hak cipta, mereka bisa kehilangan potensi pendapatan hingga 58 juta pound dalam setahun.

The Musicians Union, UK Music dan the British Academy of Songwriters, Composers and Authors membawa pemerintah ke Pengadilan Tinggi. Pengadilan Tinggi Inggris menerima keberatan mereka sehingga setelah kurang dari satu tahun di mana menyalin CD adalah sah, aturan tersebut kini dibalik menjadi tidak sah yang berarti bahwa pada tahun 2015 adalah ilegal untuk membuat salinan digital dari CD, back up file musik dan membuat salinan dari sebuah karya untuk penggunaan pribadi.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Life Hacker