Permintaan terhadap Ahli Keamanan Cyber Meningkat 4x Lipat

senate-approves-controversial-cyber-security-bill_gk4z.640

Permintaan untuk ahli keamanan cyber telah naik ke rekor tertinggi, yaitu empat kali lipat dibandingkan tahun lalu setelah banyaknya peristiwa pelanggaran data, termasuk di TalkTalk, Sony dan Ashley Madison. Lonjakan ini akan menyebabkan awal yang kuat di tahun baru untuk pasar pekerjaan karena pengusaha lebih optimis daripada tahun 2015.

The Manpower Employment Outlook Survey bertanya kepada lebih dari 2.000 pengusaha Inggris apakah mereka berniat untuk menambah atau mengurangi jumlah tenaga kerja mereka. Jawabannya adalah positif yang berarti bahwa mereka lebih ingin menambah pekerja daripada dilalap api (kena serangan).

Diperkirakan perekrutan akan meningkat di tahun baru dengan net employment outlook meningkat dua persen menjadi lebih dari 7% yang merupakan level terkuat sejak kuartal keempat 2014. Pertumbuhan ini didorong oleh sektor jasa keuangan dan bisnis yang mencetak lebih dari 10%.

Mark Cahill, UK managing director of ManpowerGroup mengatakan bahwa daerah pertumbuhan terbesar tahun depan berada di manajemen krisis keamanan cyber karena perusahaan/organisasi besar memperkuat tim keamanan mereka serta meminta kontraktor spesialis.

Ini merupakan pertanda positif meningkatnya permintaan terhadap ahli keamanan cyber terkait dengan makin banyaknya serangan cyber yang melanda perusahaan besar. TalkTalk misalnya dilanda serangan cyber signifikan dan berkelanjutan pada bulan Oktober  yang bisa menghabiskan biaya perusahaan telekomunikasi tersebut sampai 35 juta pound. Pelanggaran data berprofil tinggi lainnya baru-baru ini termasuk JD Wetherspoon, eBay, Sony dan situs kencan Ashley Madison.

Kejahatan cyber diperkirakan menelan biaya ekonomi global sekitar 445 miliar pound setiap tahun dan menyebabkan kerusakan senilai 34 miliar pound terhadap ekonomi Inggris. GCHQ baru-baru ini mengatakan bahwa serangan cyber yang mengancam keamanan nasional telah naik dua kali lipat dalam setahun dengan Inggris kini menghadapi hingga tujuh serangan serius setiap hari.

Staf keamanan IT di Inggris kini bisa mendapatkan lebih dari 3.000 pound per hari, sementara ahli keamanan yang berada di atas staf tersebut bisa lebih besar lagi.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: PC Mag