Ponsel Lama Lebih Baik daripada Smartphone

22032496

Benarkah gadget mahal dan berteknologi tinggi lebih baik? Penelitian baru menemukan smartphone saat ini bekerja tidak sebaik ponsel basic dari satu dekade lalu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh regulator industri di Inggris, Ofcom menemukan bahwa ponsel tanpa fitur berlebihan dari masa lalu memberikan kinerja yang lebih baik dalam hal sinyal panggilan dan mengirim teks daripada smartphone modern yang dijual oleh Apple dan Samsung.

Pengujian yang dilakukan dalam kondisi laboratorium menunjukkan bahwa meskipun dikemas dengan teknologi terkini, smartphone tidak sebaik ponsel yang lebih murah dalam mengambil sinyal yang lemah. Penelitian Ofcom juga menemukan bahwa beberapa smartphone yang diuji menunjukkan perlunya sinyal minimum yang 10 kali lebih kuat dari yang dibutuhkan oleh ponsel nonsmartphone yang hanya digunakan untuk membuat atau menerima panggilan.

Rata-rata, smartphone yang diuji menunjukkan perlunya sinyal setidaknya tujuh kali lebih kuat daripada rata-rata ponsel nonsmartphone pada jaringan 2G. Smartphone terburuk di jaringan 3G memerlukan sinyal sembilan kali lebih kuat dari level minimum yang direkomendasikan oleh GSMA, badan standar untuk industri mobile. Pada jaringan 4G, smartphone berkinerja terburuk memerlukan tujuh kali kekuatan sinyal yang direkomendasikan untuk mengirim data.

Temuan Ofcom ini mendukung klaim bahwa kaca dan logam yang digunakan di smartphone dibandingkan dengan plastik yang digunakan dalam ponsel murah, bertanggung jawab atas putusnya panggilan.

Sumber: DailyMail

Sumber Foto: Gizmodo