Berapa Harga Login Akun Uber di Dark Web?

uber+web

Dark web dikenal sebagai tempat jual-beli segala barang dan jasa, baik legal maupun ilegal. Namun tampaknya yang populer adalah yang ilegal, salah satunya login akun Uber yang dicuri. Di dark web, rincian login Uber rata-rata dihargai 3,78 dollar AS per akun, sementara rincian kartu kredit dan debit yang dicuri bernilai sangat murah, rata-rata hanya 22 sen dollar.

Para peneliti juga menemukan akun PayPal dengan balance (saldo) senilai 500 dollar AS dijual hanya 6,43 dollar AS, sementara informasi akun Facebook bernilai 3,02 dollar AS. Harga nomor jaminan sosial bisa dijual rata-rata hanya antara 1 sampai dengan 3,30 dollar AS.

Bagaimana bisa seorang kriminal menggunakan akun Uber yang dicuri? Kredensial bisa digunakan untuk membangun gambaran yang lebih lengkap dari korban untuk pencurian identitas atau mereka dapat digunakan untuk mengisi phantom ridesPhantom rides adalah ketika seorang kriminal membuat sebuah akun driver Uber palsu dan mengenakan biaya perjalanan yang sebenarnya tidak ke rekening yang dicuri.

Ed Cabrera, Trend Micro vice president of cybersecurity strategy mengatakan bahwa hal tersebut adalah sebuah ekosistem bawah tanah yang luar biasa. Ada tingkat persaingan yang tinggi antara pembeli kriminal dan ada banyak jenis forum. Hal ini sangat beragam, tetapi sangat matang.

Ia menambahkan bahwa para kriminal melakukan riset pasar sendiri di mana mereka dapat menemukan data yang paling berharga di bawah tanah dan kemudian mengembangkan serangan yang sesuai.

Sebuah pencarian cepat untuk tweet dengan tagar #uberaccounthacked mengungkapkan sejumlah keluhan terkait dengan phantom rides di mana pengguna mengklaim rekening Uber mereka telah dikenakan biaya untuk perjalanan yang tidak mereka lakukan. Lokasi perjalanan tersebut sering berada jauh dari lokasi biasa pengguna akun Uber tersebut.

Nah, jika akun Uber Anda tiba-tiba dikenakan biaya siluman, ada baiknya Anda mengecek apakah detail login Anda dicuri dan kemudian diperjualbelikan di dark web sehingga kemudian terkena phantom rides.

Sumber: CNBC

Sumber Foto: cinewsnow.com