Cybersecurity Diperkirakan Jadi Tren di Tahun 2016

rsz_cyber-security-2

BBC baru-baru ini mengungkapkan bahwa tahun ini cybersecurity akan menjadi masalah utama yang menjengkelkan bisnis global. Cybersecurity tersebut menjadi semakin penting sebagai akibat internet lepas landas dan dunia menjadi semakin mobile dan terhubung.

Menurut Rashmi Knowles, perusahaan menyadari bahwa memungkinkan data nasabah dicuri oleh hacker tidak baik untuk bisnis. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan reputasi perusahaan dan mengikis kenyamanan berbagi data dengan publik.

Geoff Smith dari Experis  mengatakan bahwa hal yang mengkhawatirkan adalah bahwa pelanggaran (data pengguna) tersebut tak terelakkan, sementara kekurangan tenaga cybersecurity profesional yang terampil kemungkinan akan mendongkrak biaya pertahanan dan berurusan dengan serangan.

Beberapa ahli keamanan memperkirakan peningkatan serangan ransomware, dimana penjahat melakukan hack ke dalam sistem, mengenkripsi data dan kemudian menuntut tebusan sebelum mereka dekripsi. Perlombaan senjata ransomware akan lebih maju pada tahun 2016. Ancaman akan mengambil peran baru yang lebih besar dengan konsentrasi serangan terhadap perusahaan-perusahaan yang memiliki aset penting dengan imbalan uang yang lebih besar.

Ahli keamanan lain memperingatkan bahwa pertumbuhan sistem pembayaran mobile akan menawarkan peluang baru bagi para hacker. Ada juga ahli keamanan yang memperkirakan penjahat akan semakin menargetkan karyawan, pemasok dan kontraktor sebagai cara menginfiltrasi sistem perusahaan.

Sumber: BBC