Emoji Jadi Sebab WhatsApp Crash

WhatsApp-WhatsApp-Update-Messaging-App-Traveling-App-640x360

WhatsApp adalah salah satu aplikasi instant messaging yang paling populer dan digunakan oleh lebih dari satu miliar orang. Aplikasi dan layanan yang dimiliki oleh Facebook tersebut tersedia di sejumlah platform yang berbeda, dari Android ke iOS ke Windows Phone, dan dapat diakses melalui web browser. Aplikasi ini menerima update reguler untuk memperbaiki isu, bug dan masalah plus menambahkan fitur baru seperti fitur VoIP (Voice Over Internet).

Baru-baru ini para peneliti telah menemukan sebuah bug dalam WhatsApp untuk Android yang dapat menyebabkan aplikasi crash dan data percakapan menjadi tidak bisa dipulihkan. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah menghapus thread pesan yang tentu saja berakibat kehilangan semua informasi di thread khusus tersebut.

Cacat aplikasi WhatsApp tersebut bekerja ketika seseorang menggunakan klien web browser WhatsApp untuk mengirim pesan instan ke pengguna Android, dimana pesan tersebut memiliki setidaknya 5.000 karakter emoji, sekitar 1.000 karakter di bawah batas karakter yang diijinkan oleh WhatsApp. Aplikasi akan menolak untuk membuka pesan yang diterima dan memaksa untuk menutup. Aplikasi kemudian tidak dapat dibuka, tetapi terus memaksa untuk ditutup.

Peneliti melaporkan bahwa aplikasi WhatsApp versi iPhone menderita perlambatan jika pesan melebihi 4.500 karakter, tetapi bekerja sampai ke batas 6.000 karakter. Namun, untuk versi Android, pengguna harus menghapus semua pesan dari aplikasi. Saat ini, WhatsApp belum mengakui cacat tersebut, namun dipercaya mereka  menyadari hal itu dan tim pengembang mereka bekerja untuk memperbaiki.

Sumber: Android Headlines

Sumber Foto: blorge.com