Hacker Turki Dipenjara Selama 334 Tahun

rsz_hacker

Seorang hacker berusia 26 tahun telah diberikan tambahan hukuman 135 tahun oleh pengadilan Turki. Sebelumnya ia sudah dihukum penjara selama 199 tahun pada tahun 2013. Dengan tambahan hukuman tersebut ia dihukum selama 334 tahun untuk berada di belakang jeruji besi.

Hacker bernama Onur Kopçaka dituduh melakukan penipuan bank massal meskipun ia sebenarnya hanya menjual 11 set rincian kartu kredit. Kopçak yang sudah di penjara, dihukum bersamaan dengan 11 hacker muda lainnya pada tahun 2013 karena mencuri 43 set rincian kartu kredit yang mereka peroleh dengan cara membuat situs bank dan merekam rincian log-in nasabah.

Melihat besarnya hukuman penjara yang diberikan, tampaknya hal tersebut sedikit tidak proporsional dengan kejahatan yang dilakukan. Ada kesan bahwa hukuman yang diberikan menunjukkan negara Turki sedang mencoba untuk menjadikan kasus tersebut sebagai contoh agar mencegah orang lain melakukan hal yang sama.

Sejauh ini hukuman terlama untuk  jenis kejahatan yang sama adalah selama 20 tahun yang diberikan kepada hacker TJX, Albert Gonzalez di tahun 2012 yang mencuri 90 juta catatan kartu kredit.

Sumber: The Next Web