Masih Banyak yang Gunakan Password Mengerikan

password

Sebagian pengguna internet tampaknya tidak pernah belajar untuk memperkuat pertahanan akun mereka dari serangan. Hal ini terbukti dengan data terbaru yang dirilis oleh SplashData yang mengungkapkan fakta tentang password terburuk yang digunakan oleh pengguna internet.

Peringkat password terburuk tahun kelima dari SplashData saat ini sudah dirilis dan anggapan bahwa sebagian pengguna internet tidak pernah belajar memperkuat keamanan akun mereka sepertinya menjadi kenyataan. SplashData telah mengumpulkan data password dari dua juta password yang bocor pada tahun 2015. Dari temuan SpashData terungkap password untuk mengamankan akun di internet paling sering digunakan adalah 123456. Peringkat kedua adalah password. Peringkat berikutnya masih sangat mudah ditebak, yaitu 12345678 dan qwerty.

Fakta lain yang cukup menarik adalah pengguna cenderung suka menggunakan password yang mudah ditebak tampaknya juga terkait dengan budaya pop yang sedang terjadi dan olahraga. SplashData mengungkap entri password terbaru seperti solo, princess dan  starwars, serta football dan baseball termasuk dalam kelompok 25 password paling populer.

Ini artinya secara keseluruhan hampir tidak ada perubahan dibandingkan tahun 2014 yang lalu, di mana 123456 berada di posisi pertama sebagai password yang paling sering digunakan pengguna. Pengguna mungkin memang tidak begitu peduli dengan keamanan akun mereka.

Sumber: Engadget