Awas, Fitness Tracker Bocorkan Data Pribadi

the-best-activity-trackers-for-fitness_31z4.640

Apakah Anda menyadarinya atau tidak, fitness tracker atau pelacak kebugaran yang Anda pakai bisa membocorkan data pribadi Anda kepada siapa pun yang tahu bagaimana cara untuk mengaksesnya.

Sebuah studi dari open Effect  dan University of Toronto mengungkapkan bahwa tujuh pelacak kebugaran utama membocorkan data melalui Bluetooth, bahkan setelah pelacak kebugaran tersebut dimatikan.

Para peneliti menemukan masalah keamanan dan privasi di pelacak kebugaran mulai dari Basis, Fitbit, Garmin, Jawbone, Mio, Withings, dan Xiaomi, sementara Apple Watch menjadi satu-satunya perangkat dalam penelitian tersebut yang mendapatkan laporan bersih dari kebocoran.

Pelacak kebugaran atau fitness tracker secara luas digunakan untuk mengumpulkan aktivitas  data latihan dan aktifitas, rekaman kalori dan kemajuan latihan seperti pelatih pribadi elektronik. Namun perangkat tersebut juga mengumpulkan informasi pribadi, seperti nama, usia, dan jenis kelamin yang dapat bocor melalui Wi-Fi.

Pelacak kebugaran pintar atau smart fitness tracker mengirimkan data antara perangkat dan aplikasi terkait atau internet dan data ini bisa bocor ke pihak luar. Penelitian mengungkapkan bahwa dengan pengecualian Apple Watch, pelacak kebugaran memiliki fixed identifiers yang memungkinkan pihak ketiga memantau lokasi dari perangkat pada waktu tertentu. Dalam studi tersebut, peneliti juga menemukan bahwa pengidentifikasi ini dipancarkan bahkan ketika Bluetooth telah dimatikan pada ponsel yang sesuai.

Sumber: Open Effect via Daily Mail

Sumber Foto: PC Mag