Facebook, Google dan Twitter akan Diblokir di Indonesia?

1000-banned

Facebook, Google, dan Twitter merupakan tiga layanan penting yang dipakai pengguna internet di Indonesia. Namun ketiga layanan ini terancam diblokir pemerintah melalui Kemkominfo terkait dengan adanya keharusan pendirian Bentuk Usaha Tetap.

Menkominfo sebagaimana dikutip oleh kompas.com memastikan akan bersikap tegas terhadap seluruh perusahaan over the top (OTT), seperti Google, Facebook, dan Twitter di Indonesia. Ketiga perusahaan teknologi asal AS tersebut diminta menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Jika menolak, situs video YouTube milik Google, Instagram dan WhatsApp milik Facebook, dan layanan microblogging Twitter bisa saja diblokir oleh pemerintah.

Pemblokiran layanan tersebut menurut Rudiantara tidak terkait dengan konten, tetapi dengan keberadaan layanan OTT tersebut. Pemerintah melalu Kemkominfo meminta layanan seperti Facebook, Google, dan Twitter serta layanan OTT lainnya mendirikan BUT atau Bentuk Usaha Tetap.

Kewajiban BUT berarti OTT harus memiliki izin legalitas untuk beroperasi di Indonesia. Dengan menjadi BUT, ketiga perusahaan tersebut juga harus tunduk kepada undang-undang yang berlaku di Indonesia, seperti harus memiliki kantor dan ada karyawannya di Indonesia. Selain itu, sebuah BUT juga wajib tunduk terhadap Undang-undang Perpajakan. Artinya, setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan asing di Indonesia akan dikenai pajak.

Sayangnya aturan terkait dengan layanan OTT tersebut belum ada dan masih dalam tahap pembuatan. Paling cepat aturan terkait dengan kewajiban BUT terhadap OTT tersebut akan keluar pada akhir Maret 2016. Ini artinya, pemerintah melalui Kemkominfo terlebih dahulu memberikan ancaman sebelum adanya kepastian aturan.

Hal yang perlu dilihat adalah apakah pemerintah serius menangani masalah BUT terhadap OTT tersebut? Mengingat beberapa OTT merupakan pemain besar di internet Indonesia dan dunia sehingga jika mereka bertahan untuk tidak mau menjadi BUT akan berujung kepada pemblokiran layanan. Jika Kemkominfo serius tentu saja akan ada pemblokiran besar-besaran dan bisa diperkirakan layanan internet di Indonesia akan padam. Ini bukan lagi sekadar pemblokiran, bisa jadi yang terjadi adalah kiamat layanan internet di Indonesia.

Sumber: kompas.com

Sumber Foto: reelseo.com