Facebook Perkenalkan Enam Tombol Emoji Baru

gty_facebook_like_button_ll_120809_wmain

Pengguna Facebook sudah lama menginginkan tombol Dislike. Namun sayangnya keinginan tersebut tidak terkabul. Facebook malah memperkenalkan enam tombol emoji baru yang merupakan pengembangan dari tombol utama mereka, yaitu LIKE.

Setelah menguji opsi baru di beberapa negara, Facebook mengumumkan perubahan tersebut secara resmi. Ini artinya pengguna tidak hanya bisa melakukan LIKE, tetapi juda dapat mengungkapkan beberapa perasaan yang berbeda.

Ketika pengguna menekan tombol LIKE nantinya akan muncul pop up yang menawarkan enam reaksi yang berbeda. Nama-nama reaksi emasi tersebut menurut Facebook adalah LIKE, LOVE, Haha, Wow, Sad dan Angry. Perlu diketahui bahwa Facebook juga telah menguji reaksi yay, tetapi kemudian dihapus setelah pengujian menunjukkan bahwa pengguna tidak reaksi tersebut.

Menurut Product Manager Facebook Sammi Krug Facebook telah mendengarkan pengguna dan tahu bahwa harus ada lebih banyak cara yang dengan mudah dan cepat mengungkapkan bagaimana sesuatu yang dilihat di News Feed.

Facebook telah berusaha keras untuk menampilkan emosi yang lebih kompleks sejak meluncurkan tombol LIKE pada tahun 2009. Misalnya, banyak orang ingin mengungkapkan simpati terhadap status perpisahan hubungan atau tragedi keluarga, tetapi tidak menyetujui pengungkapan dengan tombol LIKE.

Tombol reaksi baru tersebut juga cenderung memudahkan Facebook untuk mentargetkan posting-an yang lebih baik karena reaksi bisa menjadi cara yang lebih akurat untuk menentukan nilai sesuatu, meskipun semua reaksi akan dihitung sebagai LIKE.

Sumber: The Telegraph