India Larang Free Basic Facebook

free-basics

Meskipun upaya agresif untuk mempromosikan konektivitas universal di India, upaya Facebook tersebut akhirnya membentur dinding. Regulator telekomunikasi India telah memblokir layanan Free Basic Facebook sebagai bagian dari putusan yang mendukung net neutrality. Keputusan tersebut merupakan hasil eskalasi konflik hampir satu tahun antara Facebook dan aktivis net neutrality India yang berpendapat bahwa Free Basics melanggar netralitas dengan mendukung beberapa layanan atas layanan lain.

Namun, larangan di India tersebut bukan akhir untuk rencana besar Facebook. Meskipun India masih merupakan pasar penting, India bukan satu-satunya tempat di mana Facebook menawarkan Free Basic yang menyediakan akses ke sejumlah layanan internet seperti Wikipedia, BBC, situs kesehatan dan laporan cuaca, dan, tentu saja, Facebook. Free Basic tersedia di 36 negara dan Facebook mengklaim telah membawa internet ke lebih dari 19 juta orang yang tidak mampu membayar untuk akses internet.

Keputusan tersebut mengikuti diskusi publik yang berkelanjutan setelah regulator India merilis buku putih yang merinci perbedaan harga data pada bulan Desember yang lalu dan mengundang respon publik. Selama dua bulan terakhir, aktivis net neutrality di India mendaftarkan pendapat mereka, sementara Facebook melakukan jajak pendapat secara online dan kampanye iklan secara offline untuk memengaruhi opini publik.

Telecom Regulatory Authority of India akhirnya mengatakan dalam putusannya bahwa tidak ada layanan yang dapat menawarkan biaya tarif diskriminatif untuk layanan data atas dasar konten. Akibatnya, regulator melarang zero-rating, yaitu praktek membebaskan beberapa penggunaan internet. Regulator mengatakan bahwa dengan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk membuat beberapa layanan gratis dan bukan orang lain, Free Basic Facebook tidak adil dalam membantu beberapa layanan internet sementara merugikan orang lain.

Sumber: Wired

Sumber Foto: First Post