Kabel Internet Tercepat dari yang Pernah Ada

462799250

Rasa frustrasi karena download internet lambat bisa menjadi sesuatu dari masa lalu setelah peneliti Inggris menemukan cara untuk mengirim data dengan kecepatan 50.000 kali lebih cepat daripada kecepatan rata-rata broadband. Para ilmuwan di University College London telah mengembangkan serat optik baru yang dapat mengirim data pada 1.125 terabit per detik.

Kecepatan tersebut merupakan rekor dunia dan sangat cukup untuk mentransfer seluruh serial TV dengan kualitas high definition dalam sepersekian detik.

Dr Robert Maher yang memimpin penelitian mengatakan kecepatannya hampir 50.000 kali lebih cepat dari kecepatan rata-rata koneksi broadband di Inggris dengan kecepatan 24 megabits per detik yang merupakan kecepatan yang disebut superfast broadband. Untuk memberikan contoh, kecepatan tersebut mampu mendownload seluruh seri Game of  Thrones berkualitas HD dalam satu detik.

Download jumlah data yang sama pada koneksi di Inggris saat ini akan memakan waktu sekitar satu jam. Hampir sepertiga dari rumah tangga Inggris memiliki kecepatan kurang dari 10 megabit per detik sehingga akan membutuhkan waktu download sekitar dua jam.

Para peneliti mengatakan teknologi super-channel tersebut bisa merevolusi jaringan broadband dan menciptakan generasi berikutnya dari sistem komunikasi berkapasitas tinggi. Terobosan tersebut terjadi berkat penggunaan teknologi yang sama dengan serat optik yang mengirimkan sinyal cahaya melalui kabel dengan panjang ribuan yang membentuk jaringan broadband BT saat ini.

Tonggak ini dicapai dengan mengirimkan 15 pulses cahaya pada frekuensi yang berbeda sekaligus yang disebut super-channel yang memungkinkan para peneliti untuk mengirimkan informasi pada kecepatan yang jauh lebih cepat. Sebuah penerima khusus mampu menangkap berbagai frekuensi dan memprosesnya.

Teknik ini umumnya digunakan untuk membagi sinyal nirkabel, tetapi sampai saat ini belum digunakan dalam koneksi internet tetap. Teknologi ini belum tersedia secara komersial, tetapi para peneliti UCL sekarang berencana untuk mengujinya untuk melihat apakah dapat berhasil membawa data di ribuan mil dari serat optik yang melintasi negara Inggris.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Getty Images