Masalah Kesehatan dan Informasi Pribadi Dibocorkan Universitas

data-breach

University of Greenwich sedang diselidiki oleh pengawas privasi Inggris karena telah mengekspos rincian yang sangat pribadi dari mahasiswa pascasarjana dalam jumlah yang belum diketahui. Rincian tersebut termasuk nama-nama siswa, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, dan catatan medis, yang telah di-upload ke situs publik universitas.

Secara khusus, rincian tersebut juga termasuk informasi kesehatan mental siswa dan status kesehatan, juga referensi salah seorang saudara dari siswa yang berperang  di Timur Tengah dan aplikasi suaka. Komentar staf pengajar tentang individu siswa dan beberapa komunikasi email pribadi juga terungkap.

Pelanggaran data tersebut diungkapkan kepada BBC oleh seorang mahasiswa anonim yang menemukan informasi pada website universitas, ketika mencari di Google.

Kasus ini sedang diselidiki oleh Information Commissioner’s Office yang seharusnya melindungi data pribadi individu. Juru bicara ICO mengatakan bahwa mereka menyadari insiden di Universitas Greenwich dan telah mengajukan pertanyaan (ke Universitas Greenwich). Hasil dari penyelidikan bisa saja pemberian nasihat tentang bagaimana mencegah hal tersebut tidak terulang di mansa depan atau bisa saja denda lebih dari 500.000 pound.

Universitas Greenwich tampaknya saat ini telah menghapus informasi tersebut dari situs web dan mengeluarkan pernyataan bahwa hal tersebut adalah kesalahan serius, melanggar kebijakan dan prosedur mereka sendiri. Universitas Greenwich juga mengatakan akan bekerja sama penuh dengan ICO.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: CBS San Fransisco