Programmer Pesan Spam Terhindar dari Hukuman Penjara

37525483

Seorang programmer komputer telah terhindar dari hukuman penjara setelah terbukti membantu untuk mengirim jutaan pesan spam. Naveed Ahmed berusia 27 tahun dari Tampa, Amerika Serikat, menulis sebuah program yang membantu sekelompok scammers membombardir ponsel dengan pesan teks yang tidak diinginkan atau pesan spam.

Penerima diberitahu mereka telah memenangkan gift card untuk pengecer peralatan listrik yang bisa diklaim dengan mengunjungi website tertentu. Programmer tersebut dijatuhi hukuman dua tahun masa percobaan dan dapat terus bekerja dengan komputer yang dipantau oleh petugas percobaan.

Informasi kontak dipanen denga cara penipuan tersebut diserahkan ke jaringan Internet Cost Per Action yang merupakan perusahaan pengumpul informasi pribadi. Jaringan ICPA adalah legal, tetapi cara Ahmed dan kelompoknya memperoleh rincian informasi pribadi tidak diungkapkan.

Ahmed diduga telah mendapatkan lebih dari 2.000 dollar AS seminggu antara bulan September 2011 hingga Februari 2013 dengan mengambil bagian dalam penipuan. Uang yang diperoleh dengan cara mengirimkan spam tersebut dipercaya disalurkan ke rekening bank Swiss yang dikendalikan oleh co-konspirator yang tidak dikenal. Ahmed merupakan salah satu dari 12 orang yang dihukum karena mengiklankan keterampilan komputer mereka untuk digunakan di kegiatan ilegal di pasar cybercriminal yang ditutup oleh FBI pada bulan Juli.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Gizmodo