Tidak Ada Bukti Fitness Tracker Bikin Anda Lebih Sehat

474668225

Fitness Tracker yang mengukur tingkat latihan pemiliknya tidak memiliki efek yang banyak untuk meningkatkan tingkat kebugaran. Hal ini dingkapkan oleh sebuah penelitian terbaru.

Sebuah studi dari Lancaster University mengatakan tidak ada bukti empiris untuk bisa dijadikan back up untuk klaim produsen fitness tracker yang mengatakan bahwa perangkat yang memantau gerakan dan denyut jantung memiliki efek jangka panjang pada kesehatan.

Gadget seperti Fitbit, Jawbone dan Apple Watch telah memperoleh popularitas tinggi penggemar kebugaran. Selain itu mereka yang ingin menurunkan berat badan membeli perangkat tersebut untuk melacak kemajuan dan memberi insentif untuk berolahraga lebih banyak.

Namun sepertiga dari mereka yang membeli perangkat menyerah memakai perangkat setelah enam bulan dan setengah lainnya melakukannya setelah satu tahun. Harus diakui bahwa fitness tracker sering memiliki efek langsung pada tingkat latihan pengguna, namun aktivitas pemakai cenderung kembali ke kondisi normal setelah kebaruan perangkat mereda.

Menurut para peneliti, perangkat yang dipasarkan di bawah premis bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran, tetapi sebagian besar produsen tidak memberikan bukti empiris untuk mendukung efektivitas produk mereka.

Nah, masih mau membeli pelacak kesehatan?

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: heavy.com