Twitter Rilis Homepage Baru

People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in Warsaw

Twitter meluncurkan situs baru yang dirancang untuk melibatkan orang-orang yang belum login ke website. Halaman baru tersebut menunjukkan update real-time dari selebritis dan situs-situs berita, dan memungkinkan orang mencari melalui tweets. Desain homepage baru ini diuji coba di Amerika Serikat dan Jepang dan akan dirilis di 21 lebih negara termasuk Inggris.

Analis mengatakan bahwa Twitter sedang berusaha untuk memperluas daya tariknya, tetapi perlu untuk mengatasi berbagai isu terlebih dahulu yang membuat pengguna enggan menggunakan Twitter.

Homepage yang lama ditargetkan agar orang mendaftar dan membuat akun atau men-download aplikasi. Sementara usaha baru Twitter adalah upaya untuk memperluas daya tariknya di luar pengguna terdaftar dan membuat orang untuk terlibat dengan konten terlepas dari apakah mereka masuk atau tidak.

Twitter dikabarkan tengah berjuang akibat adanya persaingan dari Snapchat dan Facebook dan harga sahamnya telah jatuh sejak debut pasar saham di tahun 2014. Jaringan sosial Twitter saat ini menarik sekitar 500 juta pengunjung setiap bulan, tetapi hanya memiliki 320 juta anggota terdaftar.

Menurut Twitter dalam sebuah pernyataan bahwa dengan hompepage baru tersebut siapa pun bisa mencari dan menemukan topik dan cerita yang berbeda yang terjadi, termasuk beberapa yang disesuaikan hanya untuk pengguna berdasarkan lokasi.

Sebelumnya, homepage website di luar AS dan Jepang hanya menampilkan sebuah foto besar dan panel log in, tanpa menunjukkan apakah pengguna terdaftar bisa melakukan atau melihat website.

Ini artinya dengan desain baru tersebut tanpa mendaftarpun bisa melihat tweet. Pengguna yang tidak terdaftar bisa melihat tweet dari selebritis dan situs berita dan juga disesuaikan dengan lokasi mereka. Harapannya pengguna yang tidak terdaftar bisa mendaftar dan membuat akun di Twitter.

Sumber: BBC