Amazon: Bayar Produk dengan Selfie

497131676

Amazon dalam waktu tidak lama lagi akan memungkinkan penggunanya membeli produk tanpa password, melainkan hanya perlu mengambil foto selfie. Raksasa e-commerce yang berbasis di Seattle tersebut telah mengajukan paten untuk menggunakan foto atau video dari wajah pengguna sebagai cara untuk menyetujui pembelian online mereka.

Menurut paten tersebut,  banyak pendekatan konvensional bergantung pada entri kata sandi atau password untuk otentikasi pengguna. Password ini dapat dicuri atau ditemukan oleh orang lain yang dapat meniru pengguna untuk salah satu dari berbagai tugas. Jadi alih-alih menggunakan password, Amazon ingin pengguna untuk menggunakan metode aman yang tidak gagal untuk masuk, yaitu menggunakan wajah pengguna sendiri.

Meskipun wajah pengguna tidak dapat dicuri atau ditebak oleh hacker, sistem pengenalan wajah dapat dikecoh dengan memegang foto seseorang, bukan wajah asli mereka. Untuk menghindari hal ini, Amazon telah mematenkan sistem dua langkah yang mengambil dua gambar untuk mengkonfirmasi identitas pengguna.

Selfie pertama akan membentuk identitas pengguna, sedangkan selfie kedua akan menghindari penipuan. Untuk langkah kedua ini, ponsel atau komputer akan meminta pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, gerakan atau gerak tubuh, seperti tersenyum, berkedip, atau memiringkan kepala untuk memverifikasi bahwa pengguna tersebut adalah orang yang hidup, orang yang sebenarnya yang berada di depan komputer atau smartphone dan sedang membuka akun Amazon.

Password selfie ini sebelumnya telah diadopsi oleh perusahaan e-commerce dan jasa keuangan, sebagai alternatif yang lebih aman dan efisien untuk password. Studi menemukan bahwa lebih dari satu dari lima orang menggunakan password yang sama untuk semua layanan, sementara 58 persen menggunakan beberapa password, dengan variasi kecil, untuk seluruh akun.

Bulan lalu, Mastercard menegaskan akan menerima selfie dan sidik jari bukan password di Inggris. Microsoft Windows 10 dan smartphone Android keduanya sudah memungkinkan pengguna untuk membuka ponsel mereka dengan melihat kamera. Dompet pintar seperti Apple Pay, Samsung Pay dan Android Pay juga sudah mulai membiarkan konsumen membayar dengan menggunakan pemindai sidik jari.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Getty Images