Cara Mengambil Kembali Privasi di Facebook

Facebook telah menjadi keseharian manusia di bumi. Facebook memudahkan pertemuan, kenalan dengan teman baru dan dengan orang-orang sedunia. Namun untuk layanan tersebut pengguna harus merelakan sebagian privasi dan data mereka ditambang oleh Facebook dengan membaginya ke pihak ketiga.

Namun demikian, pengguna sebenarnya bisa membatasi jumlah data yang ditambang Facebook tersebut sekaligus menjadikan privasi mereka lebih baik. Bagaimana caranya? Ikuti beberapa trik berikut ini.

1. Sembunyikan Profil Facebook dari Mesin Pencari

Jika seseorang mencari nama Anda melalui mesin pencari seperti Google, kemungkinan profil Anda di Facebook akan muncul di hasil pencarian. Ini tentu saja kurang baik dari sisi privasi. Untuk menghindarinya klik  account settings lalu privacy. Di option terakhir ada pertanyaan: Do you want search engines outside of Facebook to link to your profile? Lakukan disable. Ingat profil Anda butuh beberapa waktu untuk hilang dari hasil pencarian, jadi tidak otomatis hilang.

2. Cegah Facebook Melacak Anda di Luar Situs Facebook

Perlu diketahui bahwa meskipun Anda tidak berada di Facebook, Facebook tetap akan bisa melacak aktivitas browsing Anda. Ini sebuah “penjajahan” terhadap privaci Anda. Untungnya Anda bisa menonaktifkan pelacakan Facebook tersebut. Caranya klik account settings, pilih ads, pilih Can you see online interest-based adverts from Facebook? Pilih Off.

3. Hentikan Facebook Menggunakan LIKE di Iklan

Anda mungkin pernah melihat iklan di newsfeed yang berhubungan dengan sesuatu yang diberi LIKE oleh salah satu teman Anda. Jika Anda tidak ingin dieksploitasi dengan cara ini,  Anda bisa menghentikan Facebook melakukannya. Caranya buka halaman pengaturan akun, pilih iklan, dan pilih Who can see your social actions paired with ads? Berikan pilihan No One. Nantinya  teman Anda tidak lagi melihat iklan yang terkait dengan LIKE Anda meskipun mereka masih dapat digunakan oleh Facebook untuk memengaruhi iklan yang Anda lihat di feed Anda sendiri.

4. Hentikan Orang Lain untuk Menandai Anda

Jika salah satu dari teman Anda ingin mengupload foto Anda yang memalukan, tidak banyak hal  yang dapat Anda lakukan kecuali memohon mereka untuk tidak melakukannya. Namun demikian, Anda dapat mencegah foto tertentu atau update tertentu yang menandai nama Anda. Untuk melakukannya klik setting, lalu settings and timeline and tagging. Di sini Anda bila mencegah orang lain menandai Anda.

5. Disconnect Aplikasi Pihak Ketiga

Anda mungkin pernah login ke berbagai aplikasi dan layanan menggunakan Facebook, tetapi Anda tidak ingin memberikan pengembang pihak ketiga ini akses permanen ke akun Anda. Untuk melakukannya klik settings and apps, lalu mobile apps. Di sini Anda bisa memutuskan koneksi halaman Facebook Anda dengan berbagai pihak ketiga.

Sumber: The Guardian