Hentikan Upload Foto Anak ke Facebook

Girl using Facebook

Polisi nasional Prancis telah mendesak orang tua untuk berpikir dua kali jika ingin mem-posting foto anak-anak mereka di Facebook. Polisi Prancis mengatakan foto anak yang diupload ke Facebook bisa membahayakan privasi dan keamanan anak-anak mereka. Pihak berwenang mengatakan bahwa jika dibagi secara luas, foto anak bisa menarik predator seksual. Sementara sebagian yang lain telah memperingatkan masalah-masalah sosial atau psikologis yang dihadapi anak-anak di kemudian hari. Seorang pakar Prancis mengatakan orang tua bahkan mungkin menghadapi tuntutan hukum di masa depan dari anak-anak mereka karena melanggar privasi mereka.

Dalam sebuah wawancara, pakar hukum internet Prancis Éric Delcroix mengatakan kemungkinan bahwa foto bayi yang dipublikasikan hari ini (di Facebook) dapat menyebabkan tuntutan hukum beberapa tahun dari sekarang. Di bawah hukum privasi Prancis, orang yang mempublikasikan dan mendistribusikan foto orang lain tanpa persetujuan bisa menghadapi satu tahun penjara dan denda 45.000 euro. Hukum ini juga akan berlaku bagi orang tua yang mempublikasikan foto dari anak-anak mereka. Viviane Gelles, seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam hukum internet mengatakan bahwa hukum Prancis menyatakan secara jelas bahwa orang tua diwajibkan melindungi foto anak-anak mereka.

Otoritas perlindungan data Prancis telah mendesak orang tua untuk menerapkan kontrol privasi yang lebih kuat untuk membatasi orang yang bisa melihat foto mereka dan Facebook telah bekerja dalam beberapa tahun terakhir untuk menyederhanakan pengaturan privasi. Jay Parikh, Facebook’s vice president of engineering baru-baru ini mengatakan bahwa situs Facebook sedang mempertimbangkan fitur baru yang akan memberikan peringatan otomatis kepada orang tua sebelum mereka berbagi foto anak-anak mereka dengan khalayak yang lebih besar.

Melihar risiko privasi dan keamanan yang bisa ditimbulkan dari mengupload foto anak-anak Anda, ada baiknya untuk mempertimbangkan saran dari polisi Prancis ini dan kemudian menghentikan sama sekali posting foto anak ke Facebook.

Sumber: The Verge