Sejak 2008, 144 Orang Terjerat UU ITE

089081300_1458015479-uu_ite

Penggunaan internet dewasa ini semakin berkembang. Hanya butuh waktu empat tahun bagi internet untuk mencapai 50 juta pengguna, sementara televisi membutuhkan waktu 13 tahun dan radio selama 38 tahun untuk mencapai angka yang sama.

Pesatnya perkembangan internet nyatanya turut membawa dampak negatif bagi penggunanya. Di Indonesia, pemerintah mencoba mengatur penggunaan internet melalui Undang-undang informasi teknologi. Juga dengan menerapkan sistem sensor (block) pada situs tertentu sampai kepada perdagangan yang terjadi dalam ranah internet.

“Hal yang paling jelas yang terjadi setelah kebijakan tersebut adalah semakin tingginya ancaman terhadap kebebasan berekspresi. Tercatat sejak 2008, sudah ada 144 orang yang terjerat pasal 27 UU ITE,” ujar ICT Watch Donny BU dalam diskusi bertajuk “Digital Literacy bagi ancaman kebebasan ekspresi di internet” di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/3).

Sementara itu, lanjut Donny, UU ITE yang pada dasarnya juga mengatur perdagangan di internet lebih sering digunakan untuk menyerang level individu, baik individu ke individu, maupun institusi atau perusahaan ke individu.

Sumber: Berita Satu