Tiga Situs Didenda Karena Mendistribusikan Torrent

mengubah-torrent-menjadi-direct-link_00

Mendownload film secara ilegal melalui torrent bukan sesuatu yang baru. Namun diharuskan membayar uang hampir setengah juta dollar karena mendistribusikan link torrent sebuah film mungkin hal yang baru pertama kali terjadi.

Di California tiga situs yang cukup besar diperintahkan membayar uang senilai 450 ribu dollar AS karena mendistribusikan torrent film Expendables 3. Sebagaimana Anda ketahui, Expendables 3 bukanlah sebuah film yang bagus, namun intinya bukan hal tersebut.

Hakim telah memerintahkan tiga terdakwa dari tiga situs berbeda, yaitu Muhammad Ashraf dari Lime Torrents, Lucas Lim dari Swakshare dan Tom Messchendorp dari Dotsemper (Swankshare dan Dotsemper sekarang telah ditutup) masing-masing membayar 150 ribu dollar AS karena torrenting film Expendables 3. Uang yang dibayarkan tersebut akan diberikan kepada Lions Gate, studio yang membuat film Expendables 3.

Perlu diketahui bahwa ketiga situs tersebut tidak bertanggung jawab secara langsung karena membocorkan film, tetapi karena tidak melakukan apa-apa dalam menanggapi permintaan pencopotan torrent dari Lions Gate. Dalam putusannya, hakim mengatakan bahwa mengingat fakta bahwa film ini mengumpulkan lebih dari 575 juta dollar AS dalam pendapatan box office di seluruh dunia, nilai hak ciptanya sangat tinggi untuk dihargai atas pelanggaran hukum.

Nah bagi situs-situs lain yang menyediakan link torrent film mungkin perlu belajar dari kasus ini. Bila situs Anda membocorkan film dan pengguna bisa mengunduhnya secara bebas, kemungkinan Anda akan mengalamu nasib serupa.

Sumber: The Next Web

Sumber Foto: Winpoin