Apple Inc. Menangkan Pertarungan Melawan FBI

Phone-Key-640x360

Pertarungan antara Apple Inc. dengan FBI akhirnya dimenangkan Apple Inc. setelah FBI menyerah untuk tidak memaksa Apple menerapkan backdoor di iPhone tersangka penembakan massal San Bernardino. Apple mengumumkan kemenangan tersebut setelah pemerintah AS (via FBI) mengumumkan telah menemukan cara masuk ke iPhone pelaku penembakan San Bernardino tanpa harus ada bantuan dari Apple Inc.

Dalam sebuah pernyataan Apple Inc. mengatakan bhawa dari awal Apple Inc. keberatan dengan permintaan FBI untuk membangun backdoor di iPhone karena Apple Inc. percaya hal tersebut salah dan akan menjadi preseden yang berbahaya. Menurut Appl Inc. kasus ini seharusnya tidak pernah dibawa (dimunculkan).

FBI menolak untuk mengungkapkan bagaimana cara mereka mengekstrak informasi yang diinginkan dari iPhone Syed Farook yang menembak 14 orang dengan istrinya, Tashfeen Malik pada bulan Desember 2015 yang lalu. Namun dengan berhasilnya FBI mengekstrak informasi di iPhone tanpa bantuan Apple Inc., FBI telah melemahkan klaim sebelumnya bahwa tidak ada cara untuk mendekripsi iPhone tanpa kerja sama dari Apple Inc.

Dalam pernyataannya Apple Inc. mengatakan bahwa mereka berjuang melawan penggiringan isu oleh pemerintah yang mengatakan bahwa masalah tersebut adalah konflik antara keamanan nasional dengan privasi. Apple Inc. percaya secara mendalam bahwa orang di Amerika Serikat dan di seluruh dunia layak memperoleh perlindungan data, keamanan dan privasi. Mengorbankan seseorang untuk yang lain hanya menempatkan orang dan negara lain berisiko lebih besar.

Sumber: The Guardian