Email Phishing Menyertakan Alamat Rumah

Phishing-640x360

Jenis baru dari email phishing yang menyertakan alamat rumah penerima telah diterima oleh ribuan orang di Inggris. Anggota tim dari BBC Radio 4’s You and Yours merupakan di antara mereka yang menerima email penipuan tersebut yang mengklaim penerima berutang ratusan pound ke sebuah perusahaan Inggris. Perusahaan yang disebutkan namanya dalam email tersebut telah dibanjiri panggilan telepon dari mereka yang menerima email phishing.

Seorang pakar keamanan memperingatkan mengklik link yang ada di email akan menginstal malware. Menurut salah seorang penerima, yaitu  Shari Vahl email memiliki ejaan dan tata bahasa yang baik dan menyertakan alamat rumahnya.

Ia sangat kaget ketika membaca email karena di dalam email disebutkan bahwa dirinya berutang sebanyak 800 pound. Untungnya ia cepat menyadari bahwa hal tersebut adalah scam dan tidak mengklik link.

Seorang juru bicara perusahaan British Millerain Co Ltd, mengatakan bahwa mereka menerima lebih dari 150 panggilan dari orang yang tidak berutang kepada mereka. Juru bicara perusahaan Greenoaks di Manchester mengatakan bahwa rekannya menerima panggilan dari seorang pria tua dan ia sangat sedih karena istrinya telah menerima salah satu dari email tersebut.

Dr Steven Murdoch, kepala peneliti di departemen ilmu komputer di University College London, mengatakan bahwa kemungkinan besar hal tersebut adalah pengecer atau situs internet lainnya yang telah di-hack dan database-nya dicuri, kemudian dijual atau melewati beberapa orang yang berbeda dan kemudian akhirnya sampai ke orang yang mengirim email tersebut.

Ia mengatakan bahwa bila penerima mengklik link yang ada di email maka akan menginstal malware seperti cryptolocker yang merupakan bentuk dari ransomware yang akan mengenkripsi file pada komputer berbasis Windows dan kemudian menuntut tebusan untuk membuka file tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Guardian