Google Tambahkan Informasi Kesehatan di Hasil Pencarian

Google-Search-Tips-Internet-Users

Langkah terbaru Google di India adalah membantu meningkatkan akses informasi kesehatan untuk jutaan orang. Google menambahkan informasi kesehatan di knowledge graph mereka di AS tahun lalu, untuk membantu orang dengan mudah menemukan informasi yang cepat dalam menanggapi gejala atau masalah melalui mesin pencari dan sekarang fitur tersebut ditambahkan di India.

Google mengoperasikan dua situs di India yang menurut Alexa paling banyak dikunjungi. Google akan melayani pengguna dari mesin pencari utama Google (pada semua platform) dan aplikasi pencarian untuk iOS dan Android dengan data lebih dari 400 kondisi kesehatan dalam bahasa Inggris dan Hindi ketika pengguna mencari untuk suatu penyakit atau gejala.

Jika pengguna bertanya kepada Google tentang kondisi kesehatan umum, Google akan menunjukkan kartu informasi dengan gejala yang khas, serta rincian tentang bagaimana kondisi umum, apakah itu penting, apakah itu menular, usia yang dipengaruhi, dan banyak lagi.

Informasi kesehatan berbentuk kartu tersebut termasuk gambar dan dapat didownload dalam bentuk PDF yang dapat dengan mudah diteruskan kepada orang lain, seperti anggota keluarga atau teman. Google mengatakan bahwa mereka juga akan melayani versi lite dari kartu  tersebut jika pengguna memiliki  koneksi internet yang terbatas, seperti yang dapat terjadi di banyak tempat di India.

Penambahan informasi kesehatan tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dengan satu dari dua puluh pencarian yang berhubungan dengan kesehatan, raksasa pencarian ini tertarik untuk membantu pengguna mendapatkan akses lebih besar ke informasi kesehatan meskipun hasil pencarian tidak dimaksudkan sebagai nasihat medis.

Fitur tersebut sudah ada di AS sebelumnya di mana Google bekerja sama dengan Mayo Clinic untuk mengecek jawaban yang diberikannya. Di India, Google bekerja sama dengan Apollo Hospitals dan Columbia Asia Hospitals untuk konten. Langkah Google ini sejalan dengan meningkatnya jumlah startups yang didedikasikan untuk demokratisasi kesehatan di India.

Sumber: TechCrunch