iPhone Bisa Di-Unlock dengan IP Box

15586573-1458616416-640x360

Dalam beberapa waktu terakhir FBI bersengketa dengan Apple Inc. mengenai kunci iPhone pelaku penembakan di San Bernardino. Meskipun kemudian FBI dapat meng-unlock iPhone tersebut tanpa bantuan Apple Inc. sengketa tersebut mengemuka karena FBI ingin Apple Inc. dipaksa untuk memberikan back door bagi FBI untuk melihat isi iPhone. Padahal untuk membuka kunci iPhone tersebut tak sesulit yang dibayangkan. Buktinya, ada sebuah alat yang disebut IP BOX dapat membuka enkripsi iPhone.

Perangkat yang disebut IP Box tersebut dapat dengan mudah dibeli secara online dan dari toko di Sheffield, Inggris dan berhasil memecahkan kode sandi pada iPhone 5c dalam waktu enam jam.

IP Box mem-by pass mekanisme inbuilt di iPhone 5c untuk melakukan self lock setelah lima kali gagal memasukkan passcode dan bekerja melalui ribuan kombinasi sebelum menentukan kode empat digit 3298 dari kemungkinan 10.000 kombinasi. Setiap kode memakan waktu sekitar enam detik untuk diperiksa yang berarti setiap iPhone yang menjalankan iOS 7 secara teoritis dapat dibuka dalam waktu tidak lebih dari 16,5 jam.

Alat ini dihubungkan ke ponsel melalui lightning connector iPhone yang terhubung ke sebuah papan sirkuit kecil yang menampilkan kode masukan. Setelah kode yang benar dimasukkan, alat tersebut akan mem-flash dan membuka telepon serta memberikan akses  foto, pesan dan informasi pribadi pemilik iPhone lainnya.

Sementara ini IP Box hanya dapat bekerja pada perangkat yang menjalankan iOS 7, namun demikian, pemasok Fone Fun Shop berencana untuk menyediakan versi yang bekerja dengan versi terbaru, yaitu iOS 9. Hal yang membuat alat ini makin menarik adalah harganya yang bisa dikatakan tidak mahal, hanya 120 pound dan dapat ditemukan secara online.

Dengan adanya alat ini, klaim FBI bahwa iPhone tidak bisa di-unlock tanpa pertolongan Apple Inc bisa dikatakan tidak benar. FBI pun sepertinya mengakui bahwa pertolongan Apple Inc. sebenarnya tidak diperlukan setelah mereka mengumumkan telah berhasil membuka iPhone tersangka penembakan di San Bernardino tanpa bantuan Apple Inc. Namun demikian, tentunya alat ini bisa berdampak di sisi privasi sebab informasi yang disimpan di iPhone dapat dibongkar oleh siapa saja dengan mudah.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: wral.com