Korea Utara Larang Facebook dan YouTube

youtubebanned_261307156158_640x360

Korea Utara secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah memblokir Facebook, YouTube, Twitter, dan situs Korea Selatan sebagai upaya untuk membatasi penyebaran informasi. Pengumuman Menteri Pos dan Telekomunikasi tersebut diposting minggu lalu di provider layanan seluler utama negara tersebut, yaotu Koryolink dan tempat-tempat lain yang melayani pengguna Internet.

Penduduk Korea Utara yang menikamti akses internet sangat sedikit. Namun orang asing sebelumnya dibebaskan mengakses internet hampir tanpa batasan meskipun demikian kegiatan tersebut dimonitor pemerintah. Pembatasan baru tersebut akan membuat lebih sulit bagi pengunjung atau masyarakat kecil warga asing di Korea Utara untuk mengirim informasi real-time tentang Korea Utara ke dunia luar dan selanjutnya akan membatasi kemampuan Korea Utara untuk melihat informasi tentang negara mereka yang diposting di tempat lain.

Pengumuman pemerintah tersebut menyebutkan situs-situs yang dilarang, yaitu YouTube, Facebook, Twitter, Voice of America dan situs media Korea Selatan yang dilarang untuk waktu tertentu. Pemerintah juga mengumumkan bahwa situs perjudian, situs seks dan dewasa juga telah diblokir. Facebook dan Twitter telah diblokir secara informal selama berbulan-bulan dan sudah tidak bisa diakses dalam pencarian web dari Pyongyang.

Pengumuman tersebut juga menambahkan bahwa siapa pun yang mencoba untuk melakukan hack agar situs-situs tersebut diakses  atau mendistribusikan data anti-republik akan dikenakan hukuman di bawah undang-undang Korea Utara. Namun tidak disebutkan hukuman apa akan yang diberikan.

Sumber: The Telegraph