Siaran Pers: Internet Sehat Raih Penghargaan WSIS Champion PBB

rsz_logo-ictwatch-id

Tim pakar (Expert Group) World Summit on the Information Society (WSIS) yang diberi mandat oleh PBB pada akhirnya menentukan 5 (lima) pemenang penerima penghargaan “WSIS Prize Champion” untuk setiap kategori dari ajang tahunan Penghargaan WSIS – PBB. Keputusan tim pakar tersebut diawali dengan menyaring sebanyak 404 inisiatif bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kiriman berbagai institusi di dunia, dilanjutkan dengan menghitung 245 ribu suara yang masuk secara online dari komunitas WSIS global dan pungkasnya adalah dengan melakukan review secara komprehensif.

Internet Sehat, yang diinisasi oleh ICT Watch sejak 2002, termasuk pilihan tim pakar PBB untuk mendapatkan penghargaan tersebut dalam kategori “ethical dimension”. Internet Sehat satu-satunya inisiatif dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan “champion” tersebut. Hal mendasar pertimbangan penentuan pemenang WSIS 2016 adalah relevansi inisiatif pada WSIS Action Lines yang tertulis dalam dokumen Geneva Plan of Action, dampak positif yang diberikan kepada komunitas dan keterkaitan yang erat dengan target pembangunan dunia yang dirumuskan dalam Sustainable Development Goals (SDG).

Dari seluruh WSIS Prize 2016 Champion, Internet Sehat adalah perwakilan inisiatif dari Civil Society Organization (CSO) yang jumlahnya hanya 10%. Sementara champion yang lain, 61% dari sektor pemerintah, 10% sektor bisnis, 5% organisasi internasional dan 14% lainnya. Demikian menurut informasi di situs WSIS PBB http://groups.itu.int/stocktaking/WSISPrizes/WSISPrizes2016.aspx.

Penghargaan WSIS tersebut dilaksanakan setiap tahun oleh PBB, dimulai sejak 2012. Ada 18 kategori dalam penghargaan tersebut, yang dapat diikuti oleh multistakeholder (pemerintah, swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan komunitas teknis) dari berbagai negara di dunia.Penghargaan ini merupakan pengakuan global tentang peran dan manfaat inisiatif dari-oleh-untuk rakyat, seperti dicontohkan Internet Sehat, untuk turut membangun masyarakat TIK bersama dengan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

Penentuan pemenang dilakukan melalui 5 (lima) tahapan yaitu pendaftaran, penentuan nominator oleh para pakar, pemungutan suara secara global, penentuan pemenang champion per kategori dan penentuan pemenang utama (winner) per kategori. Penyerahan penghargaanbagi para championdanwinnerakan dilangsungkan saat sidang Forum WSIS PBB di Jenewa, awal Mei 2016.

Jakarta, 6 April 2016
Terimakasih,

Donny B.U.
ICT Watch