Twitter: Kini Bisa Melaporkan Banyak Tweet dalam Satu Laporan

People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo  in Warsaw

Twitter terus berbenah. Dalam update terbaru terkait dengan keamanan, Twitter memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melaporkan banyak tweet yang bertentangan dengan aturan Twitter dalam satu laporan. Hal ini merupakan sebuah kemudahan bagi para pengguna untuk melaporkan penyalahgunaan Twitter untuk penyebaran kebencian, bullying, tweet abusive dan banyak lainnya.

Dalam blog post-nya, Twitter mengatakan bahwa mereka memberikan semua orang kekuatan untuk membuat dan berbagi ide dan informasi langsung tanpa hambatan. Komitmen Twitter adalah untuk menjaga pengguna tetap aman sehingga dapat mengekspresikan diri mereka dengan penuh percaya diri. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Twitter bekerja setiap hari untuk membuat tools sehingga semua orang dapat mengontrol pengalaman mereka sendiri di Twitter. Salah satu tools terbaru adalah pelaporan banyak tweet dalam satu laporan.

Pembaruan ini membuat lebih mudah bagi pengguna untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada Twitter tentang sejauh mana pelecehan dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya. Penambahan konteks ini akan membantu Twitter menyelidiki masalah dan menyelesaikannya lebih cepat.

Melaporkan penyalahgunaan dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Siapapun bisa melaporkan abusive behavior langsung dari tweet atau dari profil pengguna.
  2. Akun yang melakukan pelecehan, intimidasi atau ancaman dapat dilaporkan, baik oleh korban pelecehan maupun oleh saksi.
  3. Jika seseorang atau salah satu akun melakukan tweet ancaman dapat dilaporkan ke penegak hukum.
  4. Tool baru. Sekarang Twitter memungkinkan untuk memasukkan beberapa Tweet dalam laporan untuk menyediakan konteks tambahan pada situasi penyalahgunaan.

Tindakan Twitter setelah menerima laporan adalah sebagai berikut.

  1. Setelah menerima laporan, tim Keamanan (Safety) Twitter menyelidiki laporan tersebut sehingga bisa diambil tindakan yang sesuai.
  2. Jika Twitter menemukan bahwa akun atau tweet  merupakan pelanggaran dari kebijakan Twitter maka akan diambil tindakan penegakan aturan terhadap akun yang melakukan tweet tersebut.
  3. Tindakan Twitter dapat berupa peringatan sehingga pelaku dapat memperbaiki perilaku hingga menangguhkan secara permanen akun tersebut.

Dengan peningkatan ini, tentu saja Twitter berharap interaksi pengguna di Twitter semakin baik. Pengguna diminta untuk melaporkan tweet atau akun apapun yang melakukan penyalahgunaan karena laporan pengguna merupakan bagian penting dari penegakan aturan di Twitter.

Yuk laporkan siapa saja yang melakukan bullying, ancaman, ujaran kebencian dan perilaku kasar lainnya di Twitter.

Sumber: Blog Twitter