Hati-hati Scam WhatsApp

how-to-use-whatsapp-messenger

Pengguna WhatsApp melaporkan menerima pesan yang mendorong mereka untuk beralih ke versi premium dari aplikasi yang disebut WhatsApp Gold yang sebenarnya berisi perangkat lunak berbahaya.

Foto yang beredar di Twitter menunjukkan bahwa spammer telah menghubungi pengguna melalui aplikasi WhatsApp resmi dan mengatakan kepada mereka untuk melakukan upgrade ke versi Gold yang sampaisaat ini hanya tersedia untuk selebriti. Versi baru atau Gold tersebut memungkinkan pengguna melakukan panggilan video, mengirim 100 foto sekaligus, dan menghapus pesan setelah dikirim.

Tidak jelas berapa banyak orang yang telah terpengaruh oleh penipuan tersebut karena sebenarnya tidak pernah ada versi  WhatsApp Gold di toko aplikasi Android atau iOS, dan alamat website dalam pesan yang dikirimkan mengarah ke halaman error 404.

Scam WhatsApp Gold ini mengingatkan kepada scam sebelumnya, yaitu WhatsApp Plus. WhatsApp Plus mengklaim bahwa pengguna bisa mengirim foto, video dan file musik dengan ukuran umlimited, dan bisa menggunakan WhatsApp dengan lebih dari satu nomor. Namun aplikasi ini tidak terkait dengan WhatsApp.

Menurut WhatsApp, WhatsApp Plus adalah sebuah aplikasi yang tidak dikembangkan oleh WhatsApp, juga tidak diizinkan oleh WhatsApp. WhatsApp Plus mengandung kode sumber yang dijamin aman oleh WhatsApp dan bahwa informasi pribadi pengguna berpotensi diberikan ke pihak ketiga tanpa sepengetahuan atau otorisasi pengguna.

WhatsApp mengatakan kepada penggunanya bahwa mereka tidak akan pernah mengirim mereka pesan yang meminta mereka untuk melakukan upgrade atau mendownload aplikasi lain. WhatsApp menekankan bahwa mereka hanya akan mengirim pesan kepada pengguna melalui kontak resmi seperti email. Untuk itu, pengguna jangan tertipu dengan pesan upgrade ke versi Gold karena WhatsApp tidak akan pernah mengirimkan pesan ke pengguna melalui pesan di WhatsApp.

Sumber: The Telegraph