Mengaku Bersalah, Hacker Hadapi Hukuman 20 Tahun Penjara

hacker_3010448b

Seorang pria Ukraina telah mengaku bersalah atas perannya dalam skema perdagangan orang dalam yang menjaring lebih dari 30 juta dollar AS keuntungan tak sah. Vadym Iermolovych, 28 tahun mengaku melakukan hacking terhadap agensi berita komersial dan menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan untuk mendapatkan keuntungan di pasar saham. Sebanyak 32 orang telah didakwa sehubungan dengan skema global tersebut. Jaksa mengatakan terdakwa menggunakan 800 berita curian  untuk melakukan perdagangan dengan menggunakan informasi orang dalam.

Dari tahun 2010 hingga 2014 kelompok tersebut dituduh melakukan hacking terhadap jaringan komputer dari Marketwired LP, PR Newswire Association LLC, dan Business Wire. Mereka diduga telah memperoleh akses ke 150.000 siaran pers yang akan segera dirilis.

Iermolovych dan beberapa warga Ukraina lainnya diduga berpartisipasi dalam hacking tersebut, secara cepat akan meneruskan informasi curian ke pedagang pasar saham di AS. Mereka kemudian akan memperdagangkan informasi yang tidak dipublikasikan sebelum penutupan pasar hari itu. Iermolovych akan dihukum pada bulan Agustus dan bisa menghadapi hingga 20 tahun penjara.

Sumber: BBC