Pembajak Aplikasi Android Mengaku Bersalah

Intellectual property

Seorang anggota terkemuka kelompok pembajakan online mengaku bersalah dan sebelumnya di bulan Januari yang lalu co-conspirator pembajakan online tersebut juga mengaku bersalah atas peran mereka dalam skema mendistribusikan lebih dari empat juta kopi bajakan hak cipta aplikasi Android dengan nilai ritel total lebih dari 17 juta dollar AS.

Aaron Blake Buckley, 22 tahun dari Moss Point, Mississippi mengaku bersalah atas satu konspirasi untuk melakukan pelanggaran pidana hak cipta dan satu tuduhan pelanggaran pidana hak cipta pidana. Gary Edwin Sharp II, 29 tahun dari Uxbridge, Massachusetts, yang merupakan co-conspirator mengaku bersalah atas satu tuduhan konspirasi untuk melakukan pelanggaran pidana hak cipta pidana pada 13 Januari 2016. Para terdakwa dijadwalkan akan divonis pada 1 Agustus 2016.

Menurut pernyataan yang dibuat di pengadilan, komplotan mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota Applanet Group. Dari Mei 2010 sampai dengan Agustus 2012 mereka bersekongkol untuk mereproduksi dan mendistribusikan lebih dari empat juta kopi dari hak cipta aplikasi Android melalui pasar alternatif Applanet secara online tanpa izin dari pemilik yang menyatakan akan menjual salinan aplikasi di pasar online yang sah guna memperoleh fee. Pada tanggal 21 Agustus 2012, FBI menyita situs Applanet.

Sharp juga mengaku bersalah atas perannya dalam konspirasi untuk melakukan pelanggaran pidana hak cipta sebagai pemimpin kelompok pembajakan online lain, yaitu SnappzMarket Group. Sharp mengakui bahwa ia dan dua anggota lain dari Grup SnappzMarket bersekongkol untuk mendistribusikan lebih dari satu juta kopi bajakan hak cipta aplikasi Android dengan nilai ritel total lebih dari 1,7 juta dollar melalui situs mereka yang juga disita pada tangga 21 Agustus 2012 .

Sumber: US Department of Justice

Sumber Foto: ipmediations.com