Remaja Pakai Facebook Live Siarkan Adegan Tak Senonoh

how-to-livestream-facebook-640x360

Kemajuan teknologi sangat banyak sisi positifnya. Namun demikian bukan berarti sisi negatifnya tidak ada. Baru-baru ini tiga remaja di Milwaukee memanfaatkan salah satu kemajuan teknologi aplikasi, yaitu Facebook Live untuk menyiarkan secara langsung adegan tak senonoh yang ditonton oleh teman-teman mereka melalui ponsel.

Peristiwa yang terjadi pada bulan Januari yang lalu tersebut membuat polisi Milwaukee mengeluarkan surat perintah pencarian terhadap Facebook. Tiga remaja tersebut dilaporkan melakukan live streaming adegan seksual dengan menggunakan Facebook Live. Para remaja tersebut sengaja tidak hadir di kelas untuk melakukan live streaming yang kemudian disaksikan dari ponsel oleh teman mereka selama kelas kesehatan.

Peristiwa tersebut melibatkan dua gadis (usia 14 dan 15 tahun) dan seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun yang merupakan siswa di Barack Obama School. Polisi Milwaukee telah meminta rincian lebih lanjut tentang kasus live streaming tersebut khususnya informasi tentang salah satu peserta.

Polisi Milwaukee meminta Facebook untuk menyerahkan semua informasi yang dimilikinya pada akun dari gadis berusia 14 tahun, mulai dari foto, status history dan video sampai dengan informasi pengguna seperti nama, email, dan alamat IP.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa perusahaan tidak mengomentari kasus-kasus tertentu dan ia merujuk kepada kebijakan Facebook di Facebook Live yang menyatakan:

We believe the vast majority of people are using Facebook Live to come together and share experiences in the moment with their friends and family. But if someone does violate our Community Standards while using Live, we want to interrupt these streams as quickly as possible when they’re reported to us. So we’ve given people a way to report violations during a live broadcast.

We do understand and recognize that there are unique challenges when it comes to content and safety for Live videos. It’s a serious responsibility, we work hard to strike the right balance between enabling expression while providing a safe and respectful experience. We’re deeply committed to improving the effectiveness of how we handle reports of live content that violates our Community Standards.

Melihat kebijakan Facebook di Facebook Live tersebut tidak tertulis adanya larangan pengguna Facebook Live untuk menyiarkan secara langsung adegan tidak senonoh terutama jika pelakunya remaja. Namun demikian hal ini semestinya menjadi perhatian karena bisa saja kalau dibiarkan akan menjadi contoh bagi pengguna yang lain untuk melakukan hal yang sama. Facebook harus bekerja sama karena ini menyangkut remaja yang sering tidak berpikir dua kali melakukan hal yang merugikan diri mereka sendiri.

Sumber: Gizmodo

Sumber Foto: netdna.com