Shock! Korban Gang Rape Dipublikasikan di Twitter

rsz_using-twitter-from-laptop

Polisi di Brasil sedang berusaha mengidentifikasi 30 orang yang diduga terlibat dalam pemerkosaan geng terhadap seorang gadis berusia 16 tahun yang difilmkan melalui sebuah ponsel dan kemudian didistribusikan di Twitter.

Remaja perempuan yang menjadi korban tersebut mengatakan kepada penyelidik bahwa dirinya berkunjung ke rumah pacarnya di Favela di barat Rio de Janeiro. Ia mengaku hanya sebentar di sana dan tidak ingat apa-apa sampai bangun (maaf) tanpa busana pada hari berikutnya di bangunan lain dengan dikelilingi puluhan orang yang memiliki senjata.

Keluarganya mengatakan remaja tersebut kembali ke rumah dan terlihat tertekan serta memakai pakaian laki-laki, tetapi tidak mengatakan apa-apa tentang penderitaannya. Dua hari kemudian, salah satu (pelaku) memposting video berdurasi 40 detik secara online yang menunjukkan remaja tersebut tanpa busana dan setengah sadar. Seorang pria lain memporting foto dirinya di samping kemaluan gadis tersebut.

Foto-foto tersebut dengan cepat didistribusikan dan mendapat lebih dari 500 LIKE sebelum dihapus oleh Twitter. Di antara yang melihat adalah keluarga gadis tersebut. Neneknya mengatakan kepada media lokal bahwa motifnya balas dendam karena pacarnya merasa telah ditipu. Remaja tersebut telah dibawa ke rumah sakit untuk perawatan medis.

Polisi mengatakan mereka telah mengidentifikasi empat dari 33 orang yang terlibat dalam gang rape dan mengeluarkan surat perintah penangkapan. Dua orang lainnya menghadapi tuduhan terkait dengan distribusi foto online.

Di tengah kecaman yang berkembang, pemerintah Brazil telah mengadakan pertemuan darurat kepala keamanan publik untuk membahas langkah-langkah untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan. Kasus ini telah menghasilkan respon yang sangat besar di media sosial di Brasil.

Sumber: The Guardian