Waspada Tempat Pengisian Baterai Ponsel Publik

charge-phone

Pernahkan Anda mengisi baterai smartphone Anda di tempat-tempat publik seperti bandara, kafe, restoran dan lainnya? Waspadalah karena tempat pengisian baterai publik tersebut bisa menjadi sumber hack terhadap smartphone Anda. Menurut peneliti, smartphone dapat dengan mudah di-hack jika baterainya diisi melalui USB di tempat umum seperti bandara, kafe atau di angkutan umum.

Para peneliti di perusahaan keamanan Kaspersky Labs menemukan bahwa mereka bisa menginstal aplikasi pihak ketiga, seperti virus ke ponsel melalui koneksi kabel USB ke komputer. Hal tersebut dapat dilakukan dalam waktu kurang dari tiga menit.

Mereka juga menemukan bahwa ponsel Android dan iOS yang diuji membocorkan sejumlah data pribadi ke komputer ketika terhubung sementara sewaktu pengisian, termasuk nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri dan bahkan daftar file. Diketahui juga bahwa koneksi Wi-Fi publik merupakan risiko keamanan, tetapi koneksi USB ke PC merupakan kerentanan utama.

Alexey Komarov, peneliti di Kaspersky Lab mengatakan bahwa risiko keamanan dari mengisi baterai ponsel di tempat publik terlihat jelas. Jika pengguna adalah pengguna biasa, pengguna dapat dilacak melalui ID perangkat, telepon pengguna bisa diam-diam dijejali dengan berbagai aplikasi mulai dari adware ke ransomware. Bila mana pengguna merupakan pengambil keputusan dalam sebuah perusahaan besar, pengguna bisa dengan mudah menjadi target hacker profesional.

Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bahwa hacker bahkan tidak perlu menjadi sangat terampil untuk melakukan serangan tersebut kerena semua informasi yang dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan di internet.

Nah jika Anda sering mengisi baterai di tempat-tempat publik seperti kafe atau bandara sudah seharusnya mulai sekarang hal tersebut tidak lagi Anda lakukan. Isilah baterai Anda dengan menggunakan kabel USB asli perangkat dan di tempat khusus seperti di rumah atau kantor.

Sumber: The Telegraph

Summber Foto: Ubergizmo