Bahkan Mark Zuckerberg Menutupi Webcam-nya

Mark-Zuckerberg-jpg

Kecanggihan agen mata-mata tidak hanya membuat takut pengguna internet biasa, tetapi juga Mark Zuckerberg. Hal ini dibuktikan dengan sebuah foto Mark yang menandai 500 juta pengguna Instagram dalam satu bulan. Dalam foto tersebut terlihat jelas bahwa Mark menutupi webcam yang ada di laptopnya.

Foto tersebut juga menjadi bukti yang masuk akal bahwa orang sekelas Mark Zuckerberg telah bergabung dengan orang yang melakukan hacking hardware kecil, menonaktifkan webcam komputer dan mikrofon untuk menghindari mata-mata canggih atau hacker memanfaatkan alat-alat tersebut untuk kepentingan mereka.

Seperti yang juga dilakukan oleh direktur FBI, James Comey bahwa ia meletakkan sepotong pita di atas kamera laptopnya karena ia melihat seseorang yang lebih pintar darinya melakukan hal yang sama. Sementara kelompok hak digital Amerika EFF menjual stiker webcam dan mengatakan bahwa orang membelinya secara teratur.

Hal yang perlu dipahami sebagai CEO Facebook mungkin Zuckerberg memang memiliki sejumlah ancaman terus-menerus yang berusaha untuk mematahkan keamanan digitalnya. Tentunya ia tidak mau kegiatannya dimonitor oleh hacker atau mata-mata pemerintah dengan memanfaatkan alat yang ada di laptopnya. Pertanyaannya, apakah kita pengguna biasa perlu melakukan hal yang sama?

Perlu atau tidak ini sangat tergantung kepada seberapa peduli pengguna terhadap privasi mereka. Jika Anda cukup peduli menutupi webcam di laptop dan mematikan mikrofon adalah cara terbaik untuk jauh dari intaian, meskipun intaian tersebut tidak selalu ada.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: WMTW