Brexit: Pencarian Terkait Paspor Irlandia Melonjak

atlas_H1Lb8eor

Google melaporkan adanya lonjakan dramatis dalam pencarian untuk aplikasi paspor Irlandia setelah kabar keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pecah. Mayoritas pencarian tersebut berasal dari Irlandia Utara. Google juga melaporkan lebih banyak pencarian untuk “what happens if we leave the EU” sekitar tengah malam pada 23 Juni dan untuk frase lain seperti “British independence day” dan “Norway EU”.

Salah seorang pakar memperingatkan bahwa data tersebut tidak mengungkapkan volume aktual pencarian. Pada implikasi keuangan, Google Trends mengatakan telah mencatat minat pencarian tertinggi yang pernah ada terhadap (pound) sterling. Selama sesi pagi, pound turun lebih dari 10% ke tingkat yang belum pernah terlihat sejak 1985,  sebelum kemudian mengalami rebound. Selain itu, terdapat pula lonjakan pencarian untuk “Move to Gibraltar” dari pengguna internet di London setelah pemungutan suara referendum Uni Eropa ditutup.

Tobias Preis dari Warwick Business School, memperingatkan bahwa data pencarian harus ditafsirkan dengan perhatian khusus karena yang dikenal hanya angka relatif sehingga lonjakan beberapa aktivitas tertentu bisa disebabkan oleh sejumlah kecil orang. Preis menambahkan bahwa frase “David Cameron” jauh mengungguli pencarian yang berkaitan dengan paspor Irlandia dan “what happens if we leave the EU” antara jam 04:00 dan 06:00 BST.

Hal ini bisa menjadi contoh kasus, misalnya orang-orang yang mendukung atau menentang gagasan meninggalkan Uni Eropa berusaha untuk memahami posisi pihak lain. Jonathan Freeman, direktur wawasan konsumen digital perusahaan i2 Media Research menambahkan bahwa sangat tidak mungkin bahwa semua orang-orang yang mencari jawaban akan memilih untuk pindah.

Untuk diketahui, Google Trends grafik tidak melacak volume mutlak pencarian dari waktu ke waktu.
Sebaliknya, mereka memberikan indikasi popularitas relatif pencarian. Untuk melakukan hal ini, setiap titik data dibagi dengan total penelusuran secara geografis dan rentang waktu yang diwakilinya untuk membandingkan popularitas relatif.

Sumber: BBC

Sumber Foto: theatlas.com