China Bangun Komputer Paling Kuat di Dunia

taihu

Sebuah superkomputer baru dari China telah menduduki puncak daftar terbaru dari mesin yang paling kuat di dunia. Sunway TaihuLight berkekuatan 93 petaflop dipasang di National Supercomputing Centre di Wuxi. Pada puncaknya, komputer ini dapat melakukan sekitar 93.000 triliun kalkulasi per detik. Hal ini membuatnya dua kali lebih cepat dan tiga kali lebih efisien dari supercomputer sebelumnya Tianhe-2, juga dari China.

Aplikasi utama yang ada di Sunway TaihuLight meliputi advanced manufacturing, prakiraan cuaca dan analisis data yang besar. Supercomputer Sunway TaihuLight memiliki lebih dari 10,5 juta core buatan lokal dan 40.960 node dan berjalan pada sistem operasi berbasis Linux.

Untuk pertama kalinya sejak daftar supercomputer dimulai, China telah menyusul Amerika Serikat dengan 167 komputer dalam top 500 sementara AS hanya memiliki 165. Mengingat bahwa 10 tahun yang lalu, China mengklaim hanya memiliki 28 dan tidak ada satupun yang berada di peringkat di atas 30, China telah datang dan jauh lebih cepat daripada negara lain dalam sejarah superkomputer.

Amerika Serikat memiliki empat superkomputer di top 10 daftar TOP500, sementara China memiliki dua supercomputer yang saat ini menempati dua tempat teratas. Posisi lainnya di atas 10 ditempati oleh mesin dari Jepang, Swiss, Jerman dan Arab Saudi.

Sumber: BBC

Sumber Foto: VOA