Facebook Bantah Pakai Data Lokasi untuk Rekomendasi Teman

2012-12-21-b1-facebookban.34d7d

Facebook membantah bahwa mereka menggunakan data lokasi saat menyarankan pengguna menambahkan seseorang sebagai teman. Facebook dipaksa untuk menyangkal dugaan bahwa mereka menggunakan alat pelacakan (lokasi) untuk memenuhi fitur people you may know setelah laporan menyebutkan bahwa pengguna diberikan rekomendasi teman yang tidak pernah diajak bicara, tetapi mungkin telah bertemu di sebuah acara atau di coffee shop.

Awalnya Facebook mengatakan bahwa data lokasi, seperti tempat yang dikunjungi dan kota tempat tinggal adalah di antara sejumlah hal yang memberikan informasi untuk fitur recommended friends. Faktor-faktor lain termasuk teman bersama, tempat kerja, pendidikan dan jaringan di mana pengguna terkait dengannya. Akan tetapi Facebook kemudian membantah bahwa lokasi merupakan faktor yang digunakan untuk menyarankan orang yang mungkin dikenal pengguna.

Juru bicara Facebook mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan data lokasi, seperti lokasi perangkat dan informasi lokasi yang ditambahkan pengguna ke profil untuk menyarankan orang yang mungkin dikenal. Facebook menambahkan bahwa mereka bisa menunjukkan kepada pengguna orang berdasarkan teman bersama, informasi pekerjaan dan pendidikan, jaringan pengguna, kontak yang diimpor pengguna dan faktor lainnya.

Ini bukan pertama kalinya pengguna mempertanyakan apakah Facebook memanfaatkan ijin yang diberikan pengguna untuk menginvasi privasi mereka. Baru-baru ini Facebook juga membantah dugaan bahwa mereka mendengarkan panggilan telepon pengguna untuk menargetkan iklan setelah munculnya kekhawatiran Facebook menggunakan mikrofon untuk melacak penggunanya.

Untuk diketahui, Facebook menggunakan izin lokasi untuk sejumlah fitur, termasuk penandaan tempat foto atau status telah diposting, dan untuk Friends Nearby, fitur opt-in yang memungkinkan pengguna melihat apakah ada teman-teman mereka di sekitarnya.

Pengguna dapat berhenti atau keluar dari pelacakan Facebook di pengaturan dengan mengubah izin aplikasi. Untuk perangkat Android masuk ke Settings -> Application Manager -> Facebook -> Permissions -> Turn Lacation Off.

Untuk perangkat iOS masuk ke Settings -> PrivacyLocation Service -> Facebook. Jika ingin menghentikan Facebook melacak lokasi Anda sama sekali pilih Never. Untuk menjaga kemampuan menandai lokasi untuk posting, tetapi menghentikan Facebook melacak ketika aplikasi tidak terbuka pilih While using it. Pengguna juga dapat menghentikan Facebook dari menyarankan kontak pengguna sebagai teman dengan menghapus izin untuk mengakses kontak dan menghapus nomor telepon dari akun Facebook.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Mashable