Jutaan Password dan Email Curian MySpace Dijual Online

myspace_logo

Ratusan juta password MySpace yang dicuri telah disiapkan untuk dijual secara online sehingga membuat pengguna, baik yang saat ini maupun yang tidak lagi menjadi pengguna media sosial tersebut berisiko terkena serangan hacking. Sebanyak 360 juta password dan alamat email yang diyakini telah dicuri beberapa tahun yang lalu telah ditawarkan di pasar internet yang tersembunyi di dark web.

Time Inc. yang kini memiliki MySpace, menegaskan bahwa pelanggaran keamanan yang melanda MySpace terjadi pada waktu sebelum desain ulang situs, yaitu bulan Juni 2013. MySpace adalah jaringan sosial paling populer di dunia sebelum dikalahkan oleh Facebook pada tahun 2008 dengan 76 juta log on pada puncaknya. Meskipun banyak dari akun tersebut kini terbengkalai, kebocoran password berpotensi menempatkan jutaan pengguna berisiko.

MySpace telah me-reset password dari setiap pengguna yang terkena, tetapi banyak pengguna cenderung menggunakan kode yang sama untuk situs-situs lain, seperti belanja online atau email. Alamat email juga dapat digunakan untuk serangan phishing yang mengirimkan pesan palsu ke sebanyak mungkin target atau pengguna.

Data password dan email yang akan dijual ditemukan di sebuah forum hacker online. Penjual yang menyebut dirinya Peace menuntut pembayaran dalam mata uang online Bitcoin yang setara dengan 2.200 pound.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: variety.com